Meski PSBB Diperpanjang, Wisata ke Ciwidey Tetap Diserbu Wisatawan

- 4 Juni 2020, 09:02 WIB
PENGUNJUNG berada di kawasan wisata Kawah Putih, pegunungan Patuha, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat, 1 November 2019 lalu. Wisata alam andalan Kabupaten Bandung tersebut dinyatakan aman dan kembali ramai pengunjung pasca kebakaran hutan pada Oktober lalu.*/ANTARA FOTO


JURNAL GARUT - Meski Pemerintah Provinsi Jawa Barat melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Polsek Ciwidey menginformasikan adanya peningkatan yang cukup signifikan pada arus lalu lintas di wilayah Ciwidey serta Rancabali pada Sabtu dan Minggu oleh kendaraan-kendaraan pribadi.

Meski belum ada tempat wisata yang diizinkankan untuk dibuka atau beroperasi, para wisatawan lokal ini kabarnya hanya bisa menikmati suasana dari pinggir jalan di wilayah Ciwidey.

Hal ini diungkapkan oleh Kapolsek Ciwidey, AKP Ivan Taufik, mayoritas wisatawan lokal ini datang dari arah Soreang menuju ke Ciwidey dan Rancabali.

Baca Juga: New Normal, Perubahan Drastis Terjadi di Industri Wisata Banyumas

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Dedi Taufik menyatakan belum ada satu pun tempat wisata di wilayah Kabupaten Bandung yang mulai beroperasi.

Ia melanjutkan, belum adanya tempat wisata yang kembali beroperasi merujuk pada hasil evaluasi PSBB yang diumumkan Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Jumat 29 Mei 2020.

Dilansir dari Pikiran-Rakyat.com dengan judul "Meski Masih Zona Kuning COVID-19, di Akhir Pekan Arus Lalu Lintas Ciwidey Mulai Ada Peningkatan."

Dalam hasil evaluasi itu, wilayah Kabupaten Bandung masih termasuk dalam zona kuning pada penilaian kerentanan suatu wilayah terhadap penyebaran COVID-19.

“Kerentanan Kabupaten Bandung terhadap pandemi COVID-19 akan terus dievaluasi. Jika nantinya masuk ke zona biru, maka dipersilakan untuk membuka kembali tempat-tempat wisata namun dengan catatan harus menerapkan protokol kesehatan ketat,” kata Dedi.***

Editor: Muhammad Nur

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X