Resmi Berhenti Operasi, Pelepasan Terakhir KA Prameks Solo-Joga Dirundung Haru Warganet

- 11 Februari 2021, 15:30 WIB
Tangkapan Layar Pelepasan Terakhir Prameks Solo-Jogja
Tangkapan Layar Pelepasan Terakhir Prameks Solo-Jogja /Instagram/@suryomulo6

Jurnal Garut - Pada Kamis, 9 Februari 2021 adalah hari terakhir beroperasinya Kereta Api Prambanan Ekspres (KA Prameks) jurusan Solo-Jogja. Kereta yang sudah beroperasi 27 tahun lamanya ini akan diganti dengan Kereta Rel Listrik (KRL) Solo-Jogja.

Sebagai wujud penghormatan terakhir, komunitas pengguna KA Prameks (Pramekers) bersama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memberikan penghormatan terakhir pada pengoperasiannya di Stasiun Solo Balapan.

Penghormatan terakhir ini dihasi dengan penyerahan buket bunga kepada Masinis, serta upacara pelepasan yang diikuti pekerja serta masyarakat.

Baca Juga: Mancing Belut dengan Urek di Bungbulang Garut, Ikan Penuh Gizi Indikator Kerusakan Lingkungan

Penghormatan terakhir ini kemudian, didokumentasikan dan diunggah salah satunya di akun intagram atas nama @suryomulyo6.

Praktis, video tersebut mendapatkan banyak tanggapan harus, serta diupload ulang oleh warganet di banyak platform lain.

Walau masih beroperasi di jalur Jogja-Kutoarjo, Solo dan Jogja sebagai dua kota besar di dua provinsi memiliki hubungan yang kuat, sehingga Prameks Solo-Jogja memiliki nilai nostalgik sendiri di hati mahasiswa.

Baca Juga: Akun Twitternya Masih Diblokir Karni Ilyas, Fadjroel Rachman: Saya Bukan Buzzer Lho

Kegiatan kemahasiswaan, pekerjaan, hingga urusan wisata, Prameks Solo-Jogja selama 27 tahun berhasil menghubungkan masyarakat dengan cepat dan murah.

Halaman:

Editor: Agung Julianto


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X