'Bule Tolol' Viral di Twitter: Kisah Bule Bali Penyeleweng Visa Berujung Hujat

- 18 Januari 2021, 19:02 WIB
tanggapan warganet tentang utas Kristen Gray
tanggapan warganet tentang utas Kristen Gray /Tangkap Layar utas yang dibuat oleh Kristen Gray/Tangkap Layar twitter.com/@gastricslut

JURNAL GARUT - Kristen Gray (@kristentootie) dan pasangannya @saundraaa), harus menjadi bulan-bulanan warganet Indonesia setelah utas pengalaman mereka tinggal di Bali selama lebih dari setahun diduga melanggar hukum.

Dalam utas yang ditulisnya Sabtu, 16 Januati 2021, WNA Amerika Serikat ini bercerita tentang pilihannya untuk melancong ke Pulau Dewata selama 6 bulan akibat beban hidup yang dirasakannya di Amerika di tahun 2019.

Sebuah peluang hidup dengan standar yang lebih baik kemudian mereka dapatkan di Bali. Berbekal biaya hidup yang jauh lebih murah, dan sistem kerja digital, mereka memutuskan untuk menjadi "digital nomad" di Bali.

Baca Juga: 8 Fakta Menarik Candi Borobudur yang Jadi Salah Satu Wisata Paling Populer di Indonesia

Pandemi COVID 19 dan politik di Amerika Serikat sepanjang 2020 membuat pasangan ini memutuskan untuk tinggal lebih lama.

Dalam utas tersebut, Kristen Gray berpendapat bahwa tinggal di Bali memeberikan beberapa keuntungan bagi pelancong luar negeri, seperti; keamanan, biaya hidup mewah yang murah, ramah terhadap minoritas seperti LGBTQ+, serta adanya komunitas kulit hitam di Bali.

Celakanya, utas yang harusnya inspirasional ini berujung hujatan ketika diketahui apa yang Kristen dan pasangannya lakukan diduga merupakan penyelewengan visa dan gentrifikasi.

 Baca Juga: Pemerintahan Donald Trump Dituduh Lakukan Penipuan Secara Nasional, Begini Penjelasannya

Pertama, dalam lanjutan utas yang telah dihapus, diketahui bahwa kedua bule ini tidak membayar pajak dengan alasan pendapatan mereka berupa USD, bukan Rupiah, sedangkan kondisi kegiatan turisme mereka overstay.

Kedua, dari buku digital garapan mereka yang dipromosikan di akhir utas, 'Our Bali Lifes is Yours', diketahui bahwa mereka secara gamblang memberikan informasi dalam "mengakali" hukum pariwisata di Indonesia, seperti; cara menghindari protokol kesehatan akibat Covid, melangkaui masa berlakunya visa, menghindari pajak, dan sebagainya.

Halaman:

Editor: Muhammad Nur

Sumber: Twitter


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X