PPPK 2021 Segera dibuka, Usulan Daerah Masih Sedikit, MenPANRB: Diperpanjang Sampai Akhir Desember

- 21 November 2020, 17:23 WIB
 Foto: Kemenpan RB Buka Seleksi PPPK bagi Guru Honorer K2 dan Non-Honorer Terbuka. /bkdiklat.cirebonkota.go.id

JURNAL GARUT - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merencanakan akan merekrut Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk tenaga guru pada Tahun anggaran 2021, Namun Usulan daerah masih sedikit, sehingga ada perpanjangan sampai akhir Desember 2020.

Hal itu disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo dalam rapat kerja bersama Komisi II DPR di Senayan, Jakarta, Kamis, 9 November 2020 lalu. Guru honorer K2 yang belum mendaftar bisa segera mengajukan.

Melansir Antara, Menpan-RB, mengemukakan bahwa sampai saat ini, baru 174.077 formasi guru PPPK yang telah diusulkan oleh Pemerintah Daerah yang terdiri dari 32 Provinsi, 370 kabupaten, dan 89 Kota. Sehingga pengajuan usulan pun diperpanjang sampai dengan 31 Desember 2020.

Baca Juga: Buruan Cek! info.gtk.kemdikbud.go.id Cek Penerima BLT Guru Honorer Sudah Bisa Diakses

Dia pun menambahkan, dalam waktu dekat ini pemerintah melalui Kemendikbud, kemenPANRB, kemenkeu, Kemendagri dan BKN, akan melakukan sosialisasi kepada seluruh Pemrintah Daerah terutama terkait penjelasan kebijakan dan anggaran gaji Guru PPPK di daerah.

Selanjutnya KemenPANRB akan memverifikasi dan menetapkan formasi berdasarkan Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja (Anjab ABK) serta juga memeprtimbangkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbud sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Saat ini dalam proses perancangan Sistem Penerimaan, soal Ujian Kompetensi, dan Sitem Seleksi yang melibatkan KemenPANRB, Kemendikbud, BKN, BPKP, BSSB, dan BPPT," katanya.

Baca Juga: 5 Tanya Jawab BLT Guru Honorer Rp1,8 Juta, dari Penerima, SPTJM sampai Penerbitan SK

KemenPANRB juga akan menetapkan Peraturan Menteri PANRB sebagai dasar hukum pelaksanaannya.

Halaman:

Editor: Fariz Akbar

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X