Dokumen Ini Harus Disiapkan Guru Honorer untuk Bisa Mencairkan BSU Rp1,8 Juta

- 17 November 2020, 18:22 WIB
Ilustrasi Uang BSU.*
Ilustrasi Uang BSU.* /Freepic

JURNAL GARUT - Bagi para guru honorer yang menerima bantusan subsidi upah (BSU) Rp1,8 juta harus menyiapkan dokumen yang menjadi persyaratan bagi penerima BSU.

Persyaratan yang harus disiapkan bagi para guru honorer, dosen, dan tenaga pendidikan non-PNS yang mendapatkan bantun subsidi gaji ini yakni Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) jika ada, surat keputusan penerima BSU dan surat pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM) yang dapat diunduh melalui dua situs tersebut kemudian diberi materai dan ditandatangani.

Setelah itu, penerima BSU mendatangi bank penyalur untuk melakukan aktivasi rekening dan menerima uangnya dengan membawa dokumen yang dipersyaratkan dan menunjukkan kepada petugas bank penyalur untuk diperiksa.

Baca Juga: Tema ILC TV One Malam Ini, Selasa 17 November 2020: Setelah Protokol Kesehatan Dilanggar

“Penerima diberikan waktu untuk mengaktifkan rekeningnya hingga 30 Juni 2021. Ini kita memberikan waktu yang sangat panjang untuk memastikan semuanya dapat,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim, Selasa 17 November 2020 seperti dikutip Jurnal Garut dari Antara.

Nadiem mengatakan, persyaratan untuk mendapat bantuan ini adalah warga negara Indonesia (WNI), berstatus bukan sebagai PNS, dan memiliki penghasilan di bawah Rp5 juta per bulan.

Kemudian tidak menerima bantuan subsidi upah dari Kementerian Tenaga Kerja sampai 1 Oktober 2020 serta tidak menerima Kartu Pra Kerja sampai 1 Oktober 2020.

Selanjutnya, untuk mekanisme pencairannya adalah pertama yaitu Kemendikbud membuatkan rekening baru untuk penerima bantuan yang nantinya akan disalurkan secara bertahap sampai November 2020.

Baca Juga: UPDATE COVID-19 GARUT: Satgas Mencatat Kembali Ada Kasus yang Meninggal Akibat Virus Corona

Halaman:

Editor: Fariz Akbar

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X