Hari ini! Rabu 15 Juli 2020, Terjadi Persitiwa Istiwa A'dham, Cek Kembali Arah Kiblat Searah Ka'bah

- 15 Juli 2020, 05:05 WIB
Ka'bah: Peristiwa alam yang terjadi pada 15-16 Juli 2020 yaitu matahari tepat berada di atas ka'bah dan hal ini bisa prediksi arah kiblat. /Pixabay

JURNAL GARUT - Persitiwa Istiwa A'dham atau Rashdul Qiblah, yaitu waktu Matahari berada tepat di atas Ka'bah, di mana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk arah kiblat.

Selain terjadi pada Rabu 15 Juli 2020, persitiwa Istiwa A'dham atau Rashdul Qiblah juga terjadi pada Kamis besok, 16 Juli 2020.

Pada dasarnya, kiblat merupakan arah saat umat islam melaksanakan salat.

Baca Juga: Cek Fakta: Buni Yani Mengaku Menyesal Penjarakan Ahok dan Berjanji Tak Akan Mengulanginya Lagi

Sehingga, peristiwa ini juga bisa digunakan umat islam untuk kembali menentukan arah kiblatnya yang tepat menghadap ka'bah.

Dikutip Jurnal Garut dari Prfmnews.id melalui laman resmi Kementerian Agama (Kemenag), Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Agus Salim menjelaskan berdasarkan data astronomi, Peristiwa alam ini akan terjadi pada pukul 16.27 WIB atau 17.27 WITA.

"Saat itu, bayang-bayang benda yang berdiri tegak lurus, di mana saja, akan mengarah lurus ke Ka'bah," terang Agus Salim di Jakarta pada Selasa, 14 Juli 2020.

Baca Juga: Ilmuwan Tiongkok Kabur ke AS, Bongkar Fakta Mengejutkan Soal Covid-19

Menurutnya, peristiwa semacam ini juga pernah terjadi sebelumnya.

Halaman:

Editor: Agung Julianto

Sumber: PRFM News


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X