Menuai Polemik, 500 TKA Tiongkok Mulai Berdatangan dan Wajib Jalani Karantina

- 24 Juni 2020, 09:30 WIB
ILUSTRASI TKA Tiongkok.*
ILUSTRASI TKA Tiongkok.* /pixabay

JURNAL GARUT - Sebanyak 500 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok mulai masuk ke wilayah Sulawesi Tenggara pada Selasa, 23 Juni 2020 malam.

Rencana kedatangan ratusan TKA asal Tiongkok itu sempat diwarnai aksi penolakan, dari ratusan massa pengunjuk rasa di dekat gerbang masuk Bandara Haluoelo, namun berlangsung aman dan tertib, pada Selasa siang.

Meskipun menuai polemik dan seiring dengan diberlakukannya kebijakan tatanan normal baru. Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara akhirnya mengizinkan kedatangan Tenaga Kerja Asing (TKA) dari Tiongkok.

Baca Juga: 430 Karyawan Gojek di PHK, Dapat Pesangon Fantastis

Artikel ini telah tayang di PikiranRakyat-Bekasi.com dengan judul 'TKA Tiongkok Mulai Berdatangan Sejak Selasa Malam, Wajib Jalani Karantina 14 Hari'.

Dikutip Jurnal Garut dari PikiranRakyat-Bekasi.com melalui RRI, Kepala Kelas II Kendari, Hajar Aswad mengatakan, telah mengantongi dokumen visa kerja dengan kode indeks visa 312.

“Saya sudah memeriksa dokumen ratusan TKA tersebut menggunakan visa kerja, tidak seperti yang dikhawatirkan sebelumnya, jika mereka hanya menggunakan visa kunjungan dengan kode indeks visa 211 untuk masuk ke Indonesia,” ungkap Hajar.

Para TKA harus menjalani karantina selama 14 hari, sesuai protokol kesehatan di kawasan pertambangan PT VDNI dan PT OSS Morosi Kabupaten Konawe. Para TKA asal Tiongkok tersebut tidak langsung bekerja.

Baca Juga: UTBK di Tengah Pandemi Covid-19, Peserta Diminta Jaga Jarak

Halaman:

Editor: Agung Julianto

Sumber: Pikiran Rakyat Bekasi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X