Besok Kereta Api Mulai Beroperasi, Ini Syarat Bagi Calon Penumpang

- 11 Juni 2020, 14:03 WIB
PT. KAI segera operasikan Kereta Api reguler sesuai Protokol kesehatan. / instagram @KAI121_

JURNAL GARUT - PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan kembali mengoperasikan Kereta Api Jarak Jauh dan Kereta Api Lokal Reguler secara bertahap mulai Jumat 12 Juni 2020.

Dikutip dari portalsurabaya.com, Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo mengatakan, pengoperasian kembali kereta api reguler ini juga mengacu pada Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 No 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19.

Serta berdasarkan Surat Edaran Ditjenka Kemenhub No 14 Tahun 2020 Tanggal 8 Juni 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Latihan Skuat Maung Bandung Ideal Digelar 2 Bulan Sebelum Kick Off Liga 1

"Pengoperasian kembali kereta api ini akan diikuti dengan protokol kesehatan yang ketat dalam pencegahan Covid-19," ujar Didiek dalam keterangan resminya, Rabu (10/6/2020).

Direktur Niaga KAI Maqin U Norhadi juga menambahkan, KA yang dioperasikan kembali pada tahap awal ini diantaranya adalah Kereta dari dan menuju stasiun Kiaracondong, Cirebon, Semarang Poncol, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Gubeng, jember, Ketapang, dan berbagai stasiun lainnya sesuai dengan jadwal perjalanan KA Reguler yang beroperasi.

Tiket dapat dipesan secara online melalui aplikasi KAI Access dan channel online lainnya mulai H-7 keberangkatan KA. Sedangkan penjualan tiket di loket stasiun dilayani mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA,” kata Maqin.

Baca Juga: Pedagang di Cileungsi, Usir Tenaga Medis yang Hendak Lakukan Rapid Test

Pada tahap awal ini, KAI juga hanya menyediakan tiket sebanyak 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga jarak fisik antara penumpang selama perjalanan.

Halaman:

Editor: Agung Julianto

Sumber: Portal Surabaya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X