Tata Cara Sholat Jumat di Masa New Normal, Ini Ketetapan Lengkap MUI

- 4 Juni 2020, 23:14 WIB
ketetapan MUI soal cara sholat jumat di era new normal.

JURNAL GARUT - Cara sholat jumat di masa pandemi termasuk era new normal menjadi pertanyaan banyak umat Islam di Indonesia. Termasuk perihal susunan shaf yang renggang dan gagasan Sholat Jumat dua gelombang.

Oleh karena itu pula, Majelis Ulama Indonesia akhirnya mengeluarkan ketetapan terkait hal ini.

Aturan sholat jumat di era new normal ini tertuang dalam "Taujihat MUI tentang Sholat Jumat di Era Tatanan Kehidupan Baru (New Normal Life)" nomor: Kep-1199/DP-MUI/VI/2020 yang ditetapkan pada 3 Juni 2020 atau 11 Syawal 1441 hijriyah.

Baca Juga: Dampak Pandemi Covid-19, Hampir 70 Persen UMKM Gulung Tikar

Isi ketetapan tersebut antara lain:

Pertama, fatwa nomor 5 tahun 2000 menyatakan bahwa pelaksanaan sholat jumat dua gelombang (lebih dari satu kali) di tempat yang sama pada waktu yang berbeda hukumnya tidak sah, walaupun terdapat udzur syar'i atau alasan yang dibenarkan secara hukum. Orang Islam yang tak dapat melaksanakan sholat Jumat disebabkan suatu udzur syar'i hanya diwajibkan melaksanakan sholat dzuhur.

Kedua, MUI memandang bahwa fatwa nomor 5 tahun 2000 tersebut masih relevan dan paling membawa maslahat untuk menjawab permasalahan yang muncul saat ini.

Baca Juga: Jokowi Intruksikan Pemulihan Ekomoni RI Secapatnya Dilakukan

Ketiga, Adapun pendapat yang menyatakan bolehnya sholat jumat dua gelombang atau lebih di satu tempat, tidak relevan untuk diterapkan di Indonesia. Alasannya antara lain karena pendapat tersebut didasarkan pada dalid syari'ah yang lemah dan menyelisihi pendapat mayoritas ulama.

Halaman:

Editor: Fariz Akbar

Sumber: MUI


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X