Menag Umumkan Ibadah Haji 2020 Batal Berangkat Akibat Covid-19

- 2 Juni 2020, 12:35 WIB
Menteri Agama Fachrul Razi /Dok Kementerian Agama.

JURNAL GARUT - Calon jemaah haji tahun 2020 dipastikan tak bisa berangkat. Menyusul keputusan pemerintah membatalkan ibadah haji 2020 yang diumumkan oleh Kementerian Agama, Selasa 2 Juni 2020.

Menteri Agama Fachrul Razi dalam konferensi pers menyebut pandemi corona yang belum mereda jadi alasan ibadah haji 2020 dibatalkan.

"Keberangkatan jemaah haji tahun 2020/1441 Hijriah dibatalkan," kata Menag.

Baca Juga: Tak Jadi Dibuka, Pemerintah Evaluasi Kembali Pembukaan Objek Wisata

Keputusan untuk pembatalan keberangkatan jemaah haji tersebut tertuang berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 494/2020.

Adapun sesuai dengan amanat Undang-undang bahwa selain persyaratan ekonomi dan fisik, pelaksanaan ibadah haji juga harus mengutamakan kesehatan serta keselamatan jemaah haji.

"Sungguh keputusan yang cukup pahit dan sulit di satu sisi kita sudah menyiapkan berbagai upaya dan usaha tapi di sisi lain kita memikul tanggung jawab untuk memberi perlindungan kepada jemaah haji ini merupakan tanggung jawab negara karena terkait risiko keselamatan," ujarnya.

Baca Juga: Kembali Dibuka, 34 Pasar Di Probolinggo Terapkan Protokol Kesehatan

Seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari artikel berjudul 'Ibadah Haji 2020 Dibatalkan, Pemerintah Indonesia Mengaku Cukup Pahit dan Sulit', Kementerian Agama telah melakukan kajian yang sangat mendalam oleh tim yang dibentuk Kementerian Agama.

Halaman:

Editor: Fariz Akbar

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X