Terdampak Covid-19, 1,1 Juta Nelayan Dapat BLT Rp 600 Ribu/Bulan

- 31 Mei 2020, 21:24 WIB
Sejumlah kapal nelayan tidak melaut bersandar di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Binuangeun di Lebak, Banten, Minggu 8 Maret 2020). Nelayan setempat mengaku hampir seminggu tidak melaut akibat dampak cuaca buruk disertai angin kencang yang terjadi di laut selatan Banten. /ANTARA/M. Bagus Khoirunas

JURNAL GARUT - Sebanyak 1,1 juta nelayan akan mendapat Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah. Hal itu dikatakan Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Kemenko Maritim dan Investasi Safri Burhanuddin dalam jumpa pers virtual di Jakarta pada Minggu (31/05).

Para nelayan akan menerima BLT sebesar Rp 600.000/bulan. Bantuan bagi nelayan terdampak pandemi corona akan diberikan hingga Desember 2020.

Pemerintah berencana untuk memberikan bantuan dalam bentuk sarana dan prasarana atau alat produksi. Pemerintah juga tengah melakukan sinkronisasi data.

"Kementerian Kelautan dan Perikanan telah meminta tambahan dana sekitar Rp 1,24 triliun," ucap Safri.

Dengan kondisi yang ada, pengadaan alat produksi dinilai tidak lebih dibutuhkan sehingga diganti menjadi bantuan tunai.

Gunanya untuk penguatan nelayan budidaya dan nelayan tangkap selama pemberlakuan tatanan normal baru di masa pandemi COVID-19.

Total anggaran tersebut diperuntukkan bagi bantuan nelayan Rp 413,27 miliar, bantuan pembudidaya Rp 406,55 miliar.

Sedangkan pengolah dan pemasar Rp 36,07 miliar, petambak garam Rp 54,1 miliar, pengawasan kapal pencuri asing Rp 106,48 miliar dan pengawasan audit internal Rp 8 miliar.

Artikel ini sebelumnya telah tayang di Ringtimesbanyuwangi.com dengan judul "1,1 Juta Nelayan Terdampak Pandemi COVID-19 Mendapatkan BLT Senilai Rp 600 Ribu/Bulan"

Halaman:

Editor: Fariz Akbar

Sumber: Ringtimes Banyuwangi (PRMN)


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X