Tak Jadi Ditutup, Polri Kembali Buka Layanan SIM

- 31 Mei 2020, 20:52 WIB
POLISI menunjukkan contoh SIM Pintar di sela peresmian Kantor Pelayanan SIM di Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Bekasi, Kamis, 22 Agustus 2019. Pikiran Rakyat

JURNAL GARUT - Polri memutuskan membuka kembali layanan SIM, STNK, dan BPKB mulai Sabtu (30/05). Awalnya ketiga pelayanan itu ditutup hingga 29 Juni 2020 karena pandemi Covid-19.

Keputusan itu tertuang dalam surat telegram nomor ST/1537/V/YAN.1.1./2020 tanggal 29 Mei 2020 yang ditandangani Kakorlantas Polri Irjen Istiono. Dengan keputusan itu, masyarakat bisa kembali melakukan perpanjangan SIM.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis memberikan instruksi kepada jajarannya. Namun dengan adanya keputusan itu, maka penutupan pelayanan resmi dibatalkan.

"Pelayanan perpanjangan SIM sudah kembali dilakukan. Tapi tetap dibatasi dengan protokol kesehatan. Kita tetap prioritaskan untuk pemohon SIM yang sudah habis masa berlakunya (saat PSBB)," ujar Kasi SIM Subdir Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Lalu Hedwin Hanggara.

Seperti dikutip dari Pikiran-Rakyat.com dengan artikel berjudul "Kebijakan Penutupan Layanan sampai 29 Juni Batal, Bikin SIM dan BPKB Kembali di Buka", tidak hanya Satpas (Satuan Pelayanan Administrasi) Daan Mogot saja yang sudah kembali beroperasi.

Menurut Hedwin, seluruh satgas Polda Metro Jaya sudah akan mulai kembali beroperasi untuk memberikan layanan perpanjangan SIM.

"Sebenarnya tidak pernah tutup (Satpas) tapi kemarin sementara tidak melayani perpanjangan SIM," katanya.

Satpas Polda Metro Jaya akan kembali memberikan pelayanan perpanjangan SIM di Daan Mogot, Jakarta pusat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Tangerang Kota, Tangerang Selatan, Depok, Bekasi, dan juga Bekasi kabupaten.

Semua layanan ini akan memenuhi prosedur new normal yang sudah berlaku.

Halaman:

Editor: Fariz Akbar

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X