Rakyat Awam Soal Administrasi Pertanahan, Dedi Mulyadi: Korporasi Bisa Mudah Kuasai Lahan

- 15 September 2021, 09:17 WIB
/

JURNAL GARUT - Tidak bisa dipungkiri jika kasus sengketa pertanahan seperti yang kini dihadapi Rocky Gerung dengan pihak Sentul City dialami juga oleh beberapa masyarakat di Indonesia.

Seperti yang diketahui jika Rocky Gerung yang sudah menemmpati lahan yang kini ia tinggali sejak 2009 itu diklaim pihak Sentul City tanah miliknya, mengacu pada HGB yang ia peroleh di tahun 2021.

Sementara Rocky Gerung pun bukan tanpa dasar membangun dan menempati tanah tersebut. ia pun memiliki surat Akta Jual Beli dan surat garap dari pemilik sebelumnya dan memang belum dijadikan sertifikat.

Baca Juga: Full Review Manga Tokyo Revengers Chapter 222, Menyedihkan Draken Berpesan: Tolong, Jaga Mikey

Menurut Anggota DPR-RI dari Fraksi Golkar, Dedi Mulyadi sengketa tanah seperti yang dialami Rocky Gerung dengan pihak korporasi (Sentul City) bukanlah hal baru.

Melainkan, hal yang sudah sering terjadi di era kepemimpinan siapapun, dan itu diakibatkan oleh problematika administrasi pertanahan.

Korporasi dengan mudah menguasai lahan luas, padahal sebelumnya lahan tersebut secara fisik milik masyarakat yang sudah menggarap sejak berpuluh-puluh tahun.

Baca Juga: Kamera Super, Ini Daftar Harga HP Huawei yang Dilengkapi Kamera 50 MP, Lengkap dengan Spesifikasi

Namun hanya dengan hitungan hari, para korporasi baik itu pengembang properti, pertambangan, dan perkebunan dan korporasi-korporasi lainnya dengan mudah mendapatkan hak untuk lahan tersebut.

Halaman:

Editor: Muhammad Nur


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X