Covid-19 Meningkat, Menkeu Sri Mulyani Klaim Perekonomian Indonesia Bulan Mei Tumbuh Positif

- 22 Juni 2021, 17:06 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani
Menteri Keuangan Sri Mulyani /Tangkap Layar Setkab/Humas Setkab/

JURNAL GARUT - Di tengah meningkatnya pandemi Covid-19, Mentri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani sebut perekonomian Indonesia pada Bulan Mei 2021 kemarin membaik.

Menteri Keungan (Menkeu) Sri Mulyani menyebut peningkatan ekonomi ini disebabkan dengan peningkatan kinerja belanja dan investasi dalam penangan Covid-19.

Selain itu, Sri Mulyani juga menyebut bahwa program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan meningkatnya pertumbuhan Pajak dan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) ikut andil memulihkan ekonomi Indonesia.

Peningkatan pajak yang ditargetkan Rp1.229,6 triliun, terealisasi hingga Rp459,5 triliun atau 37,4% dari target, bahkan meningkat 3,4% dari pajak yang dikumpulkan pada Mei tahun 2020.

Baca Juga: Viral Emak-Emak Ngamuk ke Nakes Tak Mau di Swab: Aku Nggak Corona

“Jadi kalau dibandingkan year-on-year ada peningkatan. Tentu ini adalah sangat baik karena saat ini proses pemulihan" ungkap Sri Mulyani dikutip dari laman Kementerian Keungan Selasa, 22 Juni n2021.

"Dan peningkatan pajak ini tentu harus berjalan secara alamiah sedikit demi sedikit bersamaan dengan insentif yang terus kita berikan juga kepada perekonomian,” imbuhnya.

Selain itu, pendapatan dari Bea Cukai juga ikut membantu insentif fiskal dalam penanganan Covid-19 di Indonesia.

"Bea cukai juga memberikan insentif fiskal untuk alat kesehatan, vaksin, dan juga bagi dunia usaha secara umum dalam bentuk pembebasan bea masuk dan pajak dalam rangka impor," ujar Sri Mulyani.

Baca Juga: Tepeng Steven And Coconuttreez Meninggal Dunia, Rekan Musisi dan Selebriti Ucapkan Belasungkawa

Halaman:

Editor: Muhammad Nur

Sumber: Setkab.go.id


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X