Ulang Tahun Jokowi, Ini Biografi Presiden Ke-7 Republik Indonesia dari Keluarga hingga Karir

- 21 Juni 2021, 14:10 WIB
Indra Bekti Sampaikan Ucapan di Hari Ulang Tahun Jokowi ke-60,
Indra Bekti Sampaikan Ucapan di Hari Ulang Tahun Jokowi ke-60, /Instagram @jokowi

JURNAL GARUT - Presiden Joko Widodo yang akrab di panggil Jokowi merupakan Presiden Republik Indonesia ke-7. Ia lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 21 Juni 1961 lalu, dari pasangan suami istri Noto Mihardjo dan Sujiatmi Notomiharjo. Jokowi merupakan anak sulung dari empat bersaudara.

Saat ini Jokowi juga merupakan bapak dari tiga anak yakni putra sulungnya Gibran Rakabuming (1988), putrinya satu-satunya Kahiyang Ayu (1991), dan putra bungsunya Kaesang Pangarep (1995). Ketiga anaknya adalah buah cinta dari pernikahannya dengan Iriana di Kota Solo, 24 Desember 1986 silam.

Sebelum terjun ke politik pekerjaan terakhir Jokowi adalah seorang pengusaha mebel. Semua bermula sejak menginjak usia 12 tahun, Jokowi telah bekerja di perusahaan kayu sebagai tukang gergaji. Bakat tersebut diturunkan dari ayahnya yang juga berprofesi sebagai tukang kayu.

Baca Juga: Ulang Tahun Jokowi ke-60, dihadiahi Pantun Oleh Kemensetneg dan Raffi Ahmad

Jokowi kecil adalah sosok pekerja keras, ia pernah bekerja sebagai kuli panggul, pedagang dan ojek payung saat masih bersekolah di SD Negeri 111 Tirtoyoso, Surakarta.Kehidupan sulit bukan menjadi alasan Jokowi berhenti bersekolah, ia tetap menamatkan SD dan melanjutkan bersekolah di SMP Negeri 1 Surakarta, kemudian masuk ke SMA Negeri 6 Surakarta dan akhirnya berkuliah di kampus terbaik Indonesia yaitu Universitas Gajah Mada Yogyakarta dengan mengambil jurusan Kehutanan dan lulus pada tahun 1985.

Sebelum mencapai titik pengusaha ia juga pernah menjadi seorang pegawai BUMN PT Kertas Kraft di Aceh tahun 1986, kemudian bekerja di perusahaan mebel pamannya di CV Roda Jati di Solo. Setelah mendapatkan pengalaman serta modal, pada tahun 1988 CV Rakabaru berdiri sebagai usaha mebel kayu miliknya sendiri.

Jokowi yang telaten dan cerdas dalam berbisnis mengantarkan dirinya menjadi pengusaha ekspor mebel hingga benua Eropa, Amerika dan Negara timur tengah.Perjalanan bisnisnyalah menjadi awal mula motivasinya menciptakan negara yang maju, ia akhirnya memberanikan diri mencalonkan sebagai Walikota Solo pada tahun 2005. Tak disangka ia yang tidak memiliki pengalaman politik justru menjadikannya orang nomor satu di Kota Solo.

Baca Juga: Positif Covid-19, Komika Bintang Emon Sindir Jerinx: Gua Lagi di Endorse Covid Yaa

Jokowi dikenal masyarakat Solo sebgai pemimpin yang sederhana dan merakyat. Melalui program blusukan yang ia ciptakan membuatnya menjabat dua periode di tahun 2010.
Kesuksesan nya terhadap kota Solo membuatnya menjadi calon yang kuat untuk maju ke Ibu kota sebagai Gubernur.

Halaman:

Editor: Fariz Akbar


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X