CPNS 2021: Para Penyandang Disabilitas diberikan Kesempatan Seluas-luasnya untuk Mengikuti Seleksi

- 18 Juni 2021, 17:15 WIB
Ilustrasi tes CPNS.
Ilustrasi tes CPNS. /Instagram.com/@kemenpanrb

JURNAL GARUT - Kementerian Pendayaguaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memberikan arahan jika pada penerimaan CPNS 2021, Calon Aparatus Sipil Negara (CASN) dibuka seluas-luasnya untuk para penyandang disabilitas.

"Diberikan kesempatan seluas-luasnya apabila memang memiliki kualifikasi, kompetensi dan sesuai dengan persyaratan jabatan,” kata Pelaksana tugas (Plt) Asdep Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian PANRB Katmoko Ari Sambodo seperti dikuti dari Antara pada Jumat 18 Juni 2021.

Pada CPNS 2021 ini, Pemerintah menetapkan untuk kebutuhan PNS menjadi dua kategori yaitu, Formasi Umum dan Khusus, untuk formasi umum diketahui ada kebutuhhan khusus untuk penyandang disabitas.

Baca Juga: CPNS 2021 Sudah Dibuka, Berikut Ini File Scan yang Perlu Disiapkan Dari Sekarang

Meski demikian, para penyandang Disabilitas ini juga diberi keleluasaan bisa memilih untuk melamar pada formasi umum juga atau formasi khusus lainnya.

"Untuk penyandang disabilitas ada 2 jenis bisa melamar di formasi khusus penyandang disabilitas, namun juga tidak menutup kemungkinan penyandang disabilitas juga melamar di formasi umum atau di formasi khusus lainnya selain disabilitas," ujarnya

Seperti diketahui dalam peraturuan Kemenpan RB terbaru, Instansi pusat diwajibkan untuk mengalokasi paling sedikitnya 2 persen untuk kebutuhan khusus pada penyandang disabilitas dari total kebutuhan PNS yang ada.

Sementara untuk alokasi posisi jabatan dan unit kerjanya tentunya di tentukan oleh masing-masing intansi sesuao dengan kebutuhan masing-masing dan juga persyaratn jabatan.

Baca Juga: CPNS Polri 2021 Dibuka Untuk 1035 Formasi, Cek Daftarnya di Sini

Halaman:

Editor: Muhammad Nur

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X