Manfaat Mengejutkan Makan Bawang Putih Mentah, Turunkan Kolestrol dan Obati Corona?

- 10 Juni 2021, 10:10 WIB
Ilustrasi bawang putih.
Ilustrasi bawang putih. /Pixabay.com

JURNAL GARUT - Bumbu masak bawang putih sangat familiar dengan masyarakat karena menjadi bumbu dapur yang sering kali digunakan oleh ibu-ibu.

Memasak juga tidak akan lengkap tidak lengkap rasanya jika tidak ada bawang putih alias berambang putih. Namun selain untuk bumbu masakan, bawang putih juga ampuh menjaga kesehatan keluarga di rumah, lho! Apalagi jika dimakan mentah.

Penasaran apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan?

Bahkan ada beberapa kasus pasien terpapar COVID-19 yang mengalami gejala hilang penciuman dan indra pengecap mengaku sembuh ketika memakan bawang putih secara mentah.

Baca Juga: 7 Makanan untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Nomor 5 Jarang Diketahui

Apa kandungan nutrisi bawang putih?

Bawang putih sendiri dogolongkan dari umbi-umbian dengan nama latin Allium sativum. Bawang berwarna putih ini masih termasuk dalam keluarga tanaman amarilis (Amaryllidaceae), dan bersaudara dengan daun bawang dan bawang merah.

Berambang putih adalah umbi siung asli budidaya Asia Tengah, tapi juga tumbuh liat di Italia dan daerah selatan Perancis.

Dalam satu buah bawang putih biasanya terdapat 1-10 siung. Setiap siungnya itu sendiri memiliki berat sekitar 6-8 gram. Maka, per 100 gram berambang putih kira-kira mengandung:

Halaman:

Editor: Muhammad Nur

Sumber: Hallo Sehat, covid19.go.id


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X