Soal Pembatalan Haji, Dubes Arab Saudi: Tidak Terkait dengan Hubungan Indonesia dan Saudi

- 9 Juni 2021, 10:30 WIB
Dubes Arab Saudi Syekh Ishom Abeed Tsaqafy kunjungi Kantor MUI untuk membahas terkait pembatalan pemberangkatan haji Indonesia.
Dubes Arab Saudi Syekh Ishom Abeed Tsaqafy kunjungi Kantor MUI untuk membahas terkait pembatalan pemberangkatan haji Indonesia. /Instagram @cholilnafis/

JURNAL GARUT - Guna meluruskan pemberitaan yang beredar tentang pembatalan keberangkatan haji oleh Kementerian Agama (Kemenag), Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi mendatangi Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Jakarta pada Selasa, 8 Juni 2021.

Datang bersama rombongan, Dubes Arab Saudi mengklarifikasi bahwa pembatalan keberangkatan haji secara resmi oleh Kemenag tidak terkait dengan hubungan Indonesia dan Arab Saudi yang kurang baik.

Dalam kunjungan pertamanya itu, Dubes Arab Saudi menjelaskan bahwa batalnya haji tersebut bukan terkait masalah diplomasi.

Baca Juga: Alasan Indonesia Tak Dapat Jatah Kuota Haji 2021, Karena Penggunaan Vaksin Sinovac untuk Vaksinasi?

“Masalah pembatalan keberangkatan jamaah haji Indonesia tidak ada kaitannya dengan hubungan baik yang sudah terjalin antara Saudi dan Indonesia. Tidak ada pula hubungannya dengan penggunaan merek vaksin tertentu dan produsen tertentu seperti yang selama ini berkembang di media,” ujarnya, seperti dikutip Jurnal Garut dari mui.or.id pada Rabu, 9 Juni 2021.

Sehingga sebenarnya, menurut Dubes Arab Saudi, hingga kini pihak Kerajaan Arab Saudi bahkan belum mengirimkan undangan haji ke negara lain termasuk Indonesia.

Ia menambahkan, bahwa situasi pandemi Covid-19 yang belum usai menjadi alasan belum dilakukannya hal tersebut.

Baca Juga: Daftar BIP Kemenparekraf 2021 di Sini, Dibuka Hingga 4 Juli 2021

Seperti diketahui, Kementerian Agama (Kemenag) beberapa waktu lalu telah memutuskan secara resmi terkait pembatalan pemberangkatan haji.

Halaman:

Editor: Agung Julianto


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X