Apa Itu PPK? Hingga Perannya Sangat Penting Dalam Proses Pembangunan Suatu Proyek

- 8 April 2021, 14:22 WIB
Ilustrasi Proyek Strategis Nasional (PSN).
Ilustrasi Proyek Strategis Nasional (PSN). /Dok. Kemenkeu.go.id

JURNAL GARUT - Dalam membuat kontrak/kesepakatan yang dilaksanakan oleh Pemerintahan atau swasta tentu saja masing-masing faksi harus jaga komitmennya.

Dalam birokrasi pemerintah juga saat ada tender project karena itu diperlukan petinggi yang bekerja untuk memutuskan dan mengatur kontrak, yakni Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

Dengan pekerjaan yang lumayan berat dan beresiko itu, banyak Aparat Sipil Negara (ASN) yang telah penuhi persyaratan untuk memangku kedudukan sebagai PPK pilih mundur. Apa sich pekerjaan, kuasa, keuntungan dan resiko jadi PPK? Kok dapat disebutkan kedudukan PPK mempunyai peran penting dalam jaga proses penyediaan?

Baca Juga: Biaya Haji Tahun 2021 Naik, Cek Berapa Biaya yang Dibutuhkan Agar Bisa Menunanikan Ibadah di Tanah Suci!

Baca Juga: Tak Hanya PPK yang Mundur, 14 Anggota ULP Pemkab Garut Ikut Ajukan Pengunduran Diri

Yang harus diingat untuk tiap pelaksana negara baik di pusat dan di wilayah, jika aktivitas PBJ, yang berdasarkan pada kontrak/kesepakatan, sebagai aktivitas yang memerlukan banyak pengetahuan dan ketrampilan.

PBJ diawali pada rencana, penerapan penyediaan, dan kontrak, dan serah terima barang/layanan/pekerjaan. Seorang PPK jadi garda paling depan dalam mengendalikan proses penerapan PBJ, hingga kalaupun diberikan ke orang yang masih belum pahami di tiap faktor dan stepnya, karena itu dicemaskan output project PBJ tidak terwujud.

Cuman orang yang penuhi persyaratan sebagai PPK seperti instruksi Perpres yang bakal sanggup menjaga PBJ hingga bebas terlilit dari bermacam permasalahan, khususnya permasalahan hukum. Hingga PPK tidak harus dijabat oleh orang yang memiliki eselon, dan kebalikannya orang yang punyai eselon tidak boleh memantaskan diri jadi PPK, terkecuali sudah penuhi persyaratan jadi PPK.

Baca Juga: Setelah PPK yang Mundur, Kini ULP Kembali Mundur Karena Diduga Banyak Dipanggil Polisi

Baca Juga: Banyak PPK Mengundurkan Diri Karena Sering Dipanggil Polisi, Pembangunan di Garut Terancam Lumpuh

Halaman:

Editor: Muhammad Nur

Sumber: pengadaanbarang


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X