Jangan Lakukan Hal ini! Berikut isi Surat Edaran Menag Yaqut Tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idulfitri

- 6 April 2021, 13:45 WIB
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas terbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 03 Tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idulfitri Tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi.
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas terbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 03 Tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idulfitri Tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi. /Instagram.com/@gusyaqut

JURNAL GARUT - Belum lama lagi umat muslim di seluruh dunia termasuk di Indonesia akan melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan.

Sama seperti tahun sebelumnya, bulan Ramadan tahun ini juga akan dilalui dalam situasi pandemi COVID-19 yang belum juga usai.

Masyarakat diimbau agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan (prokes) yang ketat guna mencegah penyebaran virus corona (COVID-19) di Tanah Air.

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Lakukan Hal ini Guna Atasi Bencana di NTT dan NTB

Menjelang bulan Ramadan, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas pun menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 03 Tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idulfitri Tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi yang ditandatangani pada Senin, 5 April 2021.

Selanjutnya, edaran tersebut ditujukan kepada Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Kepala Kantor Kemenag (Kankemenag) Kabupaten/Kota, dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Indonesia, serta para Pengurus dan Pengelola Masjid dan Musala.

Surat Edaran ini bertujuan untuk memberikan panduan beribadah yang sejalan dengan protokol kesehatan, sekaligus untuk mencegah, mengurangi penyebaran dan melindungi masyarakat dari risiko COVID-19,” ujar Menag Yaqut dalam surat edarannya.

Baca Juga: Waw! BTS Sambut Ariana Grande, Justin Bieber, J Balvin, dan Lainnya Ke Keluarga HYBE

Adapun ruang lingkup SE ini, imbuh Yaqut Cholil, mencakup berbagai kegiatan ibadah yang disyariatkan dalam bulan Ramadan dan dilakukan bersama-sama atau melibatkan banyak orang.

Halaman:

Editor: Agung Julianto

Sumber: Sekretariat Kabinet


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X