Presiden Jokowi Minta Lakukan Hal ini Guna Atasi Bencana di NTT dan NTB

- 6 April 2021, 13:27 WIB
Tangkapan layar Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapat Terbatas Penanganan Bencana di Provinsi NTB dan NTT, Istana Merdeka, 6 April 2021 /Kanal Youtube Sekretariat Presiden

JURNAL GARUT - Bencana alam yang terjadi di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) beberapa waktu lalu mengakibatkan ratusan orang meninggal dunia dan puluhan orang lainnya dinyatakan hilang.

Bencana alam yang terjadi tersebut disebabkan karena cuaca ekstrem akibat Siklon Tropis Seroja yang melanda Tanah Air sejak beberapa pekan terakhir.

Di NTB dan NTB menjadi wilayah yang terparah terkena dampak dari cuaca ekstrem akibat Siklon Tropis Seroja, sehingga mengakibatkan terjadinya bencana banjir bandang dan tanah longsor di kedua wilayah tersebut.

Baca Juga: Waw! BTS Sambut Ariana Grande, Justin Bieber, J Balvin, dan Lainnya Ke Keluarga HYBE

Dilansir dari Sekretariat Kabinet pada Selasa, 6 April 2021, guna mengantisipasi dampak yang lebih parah yang terjadi akibat bencana alam tersebut, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin Rapat Terbatas (Ratas) membahas penanganan bencana yang terjadi di provinsi NTB dan NTT.

Presiden Jokowi menyampaikan lima arahan dalam rapat yang digelar melalui konferensi video pada Selasa, 6 April 2021 pagi.

Pertama, Jokowi menginstruksikan dilakukan percepatan proses evakuasi, pencarian, dan penyelamatan korban yang belum ditemukan.

Baca Juga: Ketahuilah 4 Tanda Seseorang Diam-diam Cemberu Padamu, Salah Satuya Mereka Meniru Kamu

“Ini saya minta Kepala BNPB, Kepala Basarnas [BNPP], dibantu dengan Panglima TNI dan Kapolri dengan seluruh jajarannya [untuk] mengerahkan tambahan personel SAR, sehingga dapat menjangkau lebih banyak wilayah terdampak, termasuk wilayah terisolir dan berbagai gugus pulau di NTT, di Pulau Alor, Pulau Pantar, dan pulau-pulau lainnya untuk melancarkan proses evakuasi, pencarian, dan penyelamatan korban,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Agung Julianto

Sumber: Sekretariat Kabinet


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X