Pulau Jawa, Bali Terdampak La Nina, BMKP Perkirakan Musim Kemarau Akan Terjadi Pada Bulan Mei

- 26 Maret 2021, 06:35 WIB
Petugas BMKG menunjukkan citra satelit pergerakan badai La Nina di sejumlah wilayah di Indonesia. BMKG: Waspadai hujan lebat disertai petir dan angin kencang selama tiga hari ke depan.
Petugas BMKG menunjukkan citra satelit pergerakan badai La Nina di sejumlah wilayah di Indonesia. BMKG: Waspadai hujan lebat disertai petir dan angin kencang selama tiga hari ke depan. /bmkg.go.id/kartika mahayadnya


JURNAL GARUT - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperediksikan Musim hujan akan terus berlanjut pada bulan ini.

BMKg juga memperkirakan kemarau 2021 akan mulai terjadi pada April 2021 di 22,8 persen Zona Musim (ZOM) yaitu beberapa zona musim di Nusa Tenggara, Bali, dan sebagian Jawa.

"BMKG memprediksi peralihan angin monsun akan terjadi pada akhir Maret 2021 dan setelah itu Monsun Australia akan mulai aktif. Karena itu, Musim Kemarau 2021 diprediksi akan mulai terjadi pada April 2021," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, dari laman resmi BMKG, Jumat 26 Maret 2021.

Baca Juga: BMKG Keluarkan Peringatan Dini Bagi DKI Jakarta dan Banten, Masyarakat Diimbau Waspadai Hujan Lebat dan Petir

Baca Juga: Rincian Formasi PPPK dan CPNS 2021 dari Pemerintah Pusat, Provinsi, Hingga Daerah

Dia mengatakan, April sampai Mei 2021 merupakan masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau (masa pancaroba) meski sejumlah daerah mulai memasuki musim kemarau namun tidak serentak.

Hasil pemantauan terhadap anomali iklim global menunjukkan kondisi La Nina diprediksi masih akan terus berlangsung hingga Mei 2021 dengan intensitas yang terus melemah. Sedangkan pemantauan kondisi Indian Ocean Dipole Mode (IOD) diprediksi netral hingga September 2021.

Lebih lanjut Dwikorita mengatakan, kedatangan musim kemarau umumnya berkait erat dengan peralihan Angin Baratan (Monsun Asia) menjadi Angin Timuran (Monsun Australia). BMKG memprediksi peralihan angin monsun akan terjadi pada akhir Maret 2021 dan setelah itu Monsun Australia akan mulai aktif.

Baca Juga: Program BPUM untuk Pelaku Usaha dipastikan akan dilanjutkan, Berikut Rincian Nilai Bantuan Terbaru

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 16 Sudah Dibuka, Contoh Soal Motivasi dan Kemampuan Dasar yang Bisa Dipelajari

Halaman:

Editor: Muhammad Nur

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X