Perhatikan Link! Ramai Tipuan Kartu Prakerja, Website Resmi Pemerintah Pasti Ini di Ujung Alamatnya

- 23 Februari 2021, 10:46 WIB
Penipuan Kartu Prakerja via Whatsapp /

JURNAL GARUT - Pendaftaran Kartu Prakerja untuk gelombang 12 sudah dibuka, namun, informasi tentang gelombang itu sendiri belum dikeluarkan pemerintah.

Ada pihak yang memanfaatkan momen ini untuk melakukan penipuan. Yakni, dengan membuat link pendaftaran Parakerja. Namun ujung-ujungnya harus membagikan informasi terkait ke kontak-kontak WhatsApp.

Misalnya, penipuan disebarkan melalui aplikasi WhatsApp dengan menyebarkan pranala kartu-prakerja(.)com.

Baca Juga: Krisis Air Bersih di NTT, Pangdam IX Udayana dan Shopee Indonesia Komitmen Berikan Solusi

“Resmi Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12. Pendaftaran hanya dibuka selama 5 hari,” Tulis pesan scam tersebut, seperti tangkapan layar yang beredar di Twitter.

“Anda diharuskan untuk berbagi melalui WhatsApp, klik tombol hijau “WhatsApp” dan 5 grup atau 20 teman agar mereka juga bisa mendapatkan layanan gratis ini! Kamu perlu berbagi melalu WhatsApp agar program ini dapat menjangkau semua orang,” Tulis laman yang dimaksud, dikutip dari tangkapan layar oleh @nagacen***.

Padahal, jika link yang dipakai untuk mendaftar benar, pendaftar tidak akan diarahkan ke perlakuan demikian oleh server. Namun, akan dibimbing untuk mengisi identitas diri dan mengunggah foto KTP, hingga akhir dan akun berhasil dibuat.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 22 Februari 2021, Reyna Sakit Keras Karena Kecewa Janji Palsu Aldebaran

Pendaftar patut curiga dengan alamat sebuah website. Apalagi lembaga yang membuat program prakerja adalah pemerintah. Sangat jarang pemerintah membuat website dengan akhiran link .com atau .id, dan lain sebagainya.

Halaman:

Editor: Fariz Akbar


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X