Lagi, Penipuan Berbasis Pendaftaran Kartu Prakerja di WhatsApp Masih Marak Terjadi

- 23 Februari 2021, 06:25 WIB
Penipuan Kartu Prakerja via Whatsapp /

JURNAL GARUT - Seiring dibukanya kembali pendaftaran Kartu Prakerja untuk gelombang 12, Minggu 22 Februari 2021, penipuan berbasis pendaftaran kembali beredar.

Kali ini, sebuah tindak penipuan disebarkan melalui aplikasi WhatsApp dengan menyebarkan pranala kartu-prakerja(.)com.

Resmi Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12. Pendaftaran hanya dibuka selama 5 hari,” Tulis pesan scam tersebut, seperti tangkapan layar yang beredar di Twitter.

Baca Juga: Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12, Lengkap dengan Informasi Bahaya Penipuannya

Melalui penelursuran seorang warganet Twitter atas nama @nagacen***, jika nama dan nomor telepon dimaksukkan, halaman akan beralih pada syarat aktivasi untuk menyebarkan pesan scam pada 5 grup atau  20 kontak.

Anda diharuskan untuk berbagi melalui WhatsApp, klik tombol hijau “WhatsApp” dan 5 grup atau 20 teman agar mereka juga bisa mendapatkan layanan gratis ini! Kamu perlu berbagi melalu WhatsApp agar program ini dapat menjangkau semua orang,” Tulis laman yang dimaksud, dikutip dari tangkapan layar oleh @nagacen***.

Baca Juga: Jangan Lupa Ya! Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 Akan Dibuka, Simak Cara Buat Akun Prakerja

Sebagaimana yang telah berkali disampaikan, pengelola Program Kartu Prakerja mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan Kartu Prakerja.

Pendaftaran Kartu Prakerja hanya melalui situs resminya yaitu www.prakerja.go.id.

"Pastikan Sobat tidak memberikan data pribadi seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan), nomor KK (Kartu Keluarga), nomor HP, alamat email, atau data pribadi lainnya kepada pihak yang tidak bertanggung jawab," Tulis Pengelola Program Kartu Prakerja (@prakerja.go.id) dalam unggahan Instagramnya.***

Halaman:

Editor: Muhammad Nur

Sumber: Twitter


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X