Kemenkes Rekrut Nakes Lulusan Baru Untuk Bekerja, Guna Penuhi Tenaga Penangan Covid-19

- 22 Januari 2021, 17:49 WIB
Ilustrasi tenaga kesehatan sedang melakukan tindakan kepada pasien*/ /Pixabay.com/

JURNAL GARUT - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan rekrut lulusan baru untuk memenuhi kebutuhan Tenaga Kesehatan (Tenaga Kesahatan) dalam penanganan pasien Covid-19.

Kabar tersebut disampaikan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Abdul kadir dalam keterangannya pada acara Forum Merdeka Barat yang dikutip dari Antara Jum'at, 22 Januari 2021.

"Penambahan SDM kesehatan ini ternyata kebutuhannya sangat tinggi dan SDM kesehatan yang tersedia tidak mencukupi," katanya

Baca Juga: Minggu Ketiga Januari 2021, Garut Mulai Beri Vaksin Covid 19 ke Tenaga Kesehatan

Abdul kadir menegaskan, bahwa para Nakes atau perawat yang baru lulus bisa langsung kerja tanpa harus memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) terlebih dulu khusus pada saat ini.

"Pak Menkes mengeluarkan surat edaran untuk relaksasi bagi tenaga kesehatan yang baru tamat tapi belum bisa melakukan pekerjaan sebagai perawat karena belum punya STR untuk praktik, diberikan relaksasi bisa diberdayakan tanpa mempunyai STR, khusus dalam kondisi COVID-19," kata Kadir.

Para Nakes yang baru lulus nantinya tentu akan direkrut sebagaimana mestinya dan diberikan perlatihan khusus untuk menangani pasien Covid-19.

Baca Juga: Hari Pahlawan 10 November 2020: Layak Diberikan Pada Tenaga Kesehatan Covid-19

Menurutnya, pelaksanaan nanti bisa diatur dengan penempatan para lulusan baru ini disandingkan dengan para senior atau pekerja yang sudah lama bekerja di rumah sakit.

Halaman:

Editor: Muhammad Nur

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X