Arief Budiman Diberhentikan dari Jabatan Ketua KPU RI

- 14 Januari 2021, 07:29 WIB
Arief Budiman diberhentikan dari jabatan Ketua KPU. /Boyke Ledy Watra/Antara

JURNAL GARUT - Arip Budiman dicopot dari jabatannya sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI atas sanksi yang dijatuhkan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

DKPP menyebut Arip Budiman telah terbukti melakukan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku penyelenggara pemilu.

Hal itu karena Arip Budiman telah mendampingi atau menemani Evi Novida Ginting Manik yang telah diberhentikan DKPP pada 18 Maret 2020 untuk mendaftarkan gugatan ke PTUN Jakarta, seperti diberitakan Antara.

Baca Juga: Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12, Simak Syarat dan Cara Login Pendaftaran di www.prakerja.go.id

Tindakan Arief Budiman menerbitkan Surat KPU Nomor 663/SDM.13-SD/05/KPU/VIII/2020 dengan menambah klausul yang meminta Evi Novida Ginting Manik aktif melaksanakan tugas sebagai anggota KPU Periode 2017-2022 merupakan tindakan penyalahgunaan wewenang dalam kedudukan sebagai Ketua KPU RI.

Yang sepatutnya menurut pertimbangan putusan Majelis DKPP Ketua KPU RI harus memastikan seluruh kerangka hukum dan etika dalam setiap tindakannya.

Selanjutnya, Arief menurut Majelis DKPP juga terbukti tidak mampu menempatkan diri pada waktu dan tempat di ruang publik karena dalam setiap kegiatan Arief di ruang publik melekat jabatan sebagai ketua KPU.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Hari Ini 14 Januari 2021 Sagitarius : Karir dan Pertimbangan Luar Lainnya Menuntutmu

Arief juga terbukti menyalahgunakan wewenang sebagai Ketua KPU mengaktifkan kembali Evi Novida Ginting Manik dan bertindak sepihak menerbitkan surat 663/SDM.13-SD/05/KPU/VIII/2020.

Halaman:

Editor: Agung Julianto

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X