Jelang Penerbitan SK dan NIP CPNS 2019 oleh BKN, Ternyata SK Palsu Marak Beredar

- 1 Desember 2020, 13:49 WIB
Kolase foto dokumen SK CPNS palsu. SK CPNS 2019 Palsu Dimana-mana, Perhatikan Ciri-cirinya! /BKN

JURNAL GARUT - Sebelum penerbitan SK CPNS 2019 yang direncanakan tanggal 1 Desember 2020, ternyata beredar kabar adanya SK palsu.

SK palsu ini sangat identik karena mengatasnamakan Kepala BKN, sehingga banyak peserta yang lolos CPNS 2019 terkecoh degan adanya dokumen palsu tersebut.

Di dalam dokumen palsu itu tertera pengangkatan sejumlah nama CPNS di instansi pemerintahan dan disertai Nomor Identitas Pegawai (NIP).

Baca Juga: Persiapan CPNS 2021: Ijazah Hilang atau Bermasalah? Jangan Panik, Lakukan Hal ini Sesegera Mungkin

Tak tanggung-tanggung, bahkan dalam SK tersebut dibubuhi tandatangan kepala BKN selaku lembaga resmi yang menerbitkan SK.

Dilansir Jurnal Garut dari Setkab, Menurut mantan Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) BKN, Mohammad Ridwan, setelah melalui verifikasi, data dari BKN ini menunjukan bahwa NIP yang terlampir dalam SK palsu itu tidak masuk kedalam database BKN.

Ia mengingatkan, penerbitan SK CPNS hanya bisa diteritkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) di instansi masing-masing bukan oleh Kepala BKN.

Baca Juga: Mantap! Hari ini Rencananya SK dan NIP CPNS 2019 akan Terbit, Simak Informasi Selengkapnya Di Sini

“Kapasitas BKN mengeluarkan nota pertimbangan teknis untuk penerbitan NIP CPNS dan Kepala BKN tidak memiliki kewenangan pengangkatan selain CPNS BKN,” ucap Ridwan dalam siaran persnya dikutip dari Setkab.go.id pada 30 November 2020.

Halaman:

Editor: Agung Julianto

Sumber: setkab


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X