Seleksi PPPK 2021 untuk Peningkatan Kompetensi Guru Indonesia, ini Penjelasan Nadiem

- 30 November 2020, 10:18 WIB
ILUSTRASI seleksi CPNS dan PPPK*. /PIKIRAN-RAKYAT.COM/

JURNAL GARUT - Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI memberikan pernyataan langsung terkait kebijakan tentang seleksi PPPK 2021.

Menurutnya kualitas pendidikan Indonesia harus terus ditingkatkan. Itu artinya peningkatan kualitas guru menjadi hal mutlak yang harus ditempuh.

Dilansir Jurnal Garut dari laman YouTube Kemendikbud RI yang diunggap pada Senin, 23 November 2020 lalu, Nadiem menegaskan bahwa peran guru sangat berpengaruh besar dalam upaya peningkatan kulitas pendidikan Indonesia.

Baca Juga: PENTING! PPPK 2021 akan Digelar Berdasarkan Kompetensi Guru, Bukan Bukan Karena Hal Ini

"Riset menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh guru. Tinggi rendahnya kualitas guru akan meningkatkan sekitar 53 persen dalam beberapa tahun kedepan," Kata Nadiem.

Akan tetapi permasalahan dunia pendidikan Indonesia saat ini termasuk cukup berat. Hal tersebut ditengarai jumlah guru terus mengalami pengurangan.

Nadiem secara langsung menyadur dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik) yang mencatat jumlah guru ASN disekolah negeri hanya terisi 60 persen dari total jumlah yang dibutuhkan seharusnya.

Baca Juga: Mendikbud: Seleksi PPPK 2021 Dipastikan Berjalan Sesuai dengan Kebutuhan

"Jumlah 60 persen ini pun dalam 4 tahun terakhir terus menurun, dengan rata-rata 4 persen setiap tahunnya," Nadiem menambahkan.

Halaman:

Editor: Muhammad Nur

Sumber: YouTube Kemendikbud RI


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X