Inilah Waktu Terbaik untuk Melaksanakan Sholat Dhuha, Tata Cara dan Do’anya

- 11 November 2020, 21:33 WIB
Ilustrasi orang sholat Dhuha
Ilustrasi orang sholat Dhuha /CiydemImages/Getty Images

JURNAL GARUT - Waktu pelaksanan sholat dhuha dilakukan setelah beberapa jam sejak matahari terbit hingga condong ke barat. Waktu melaksanakan sholat dhuha di Indonesia, terbentang selama beberapa jam setelah 20 menit matahari terbit hingga 15 menit sebelum waktu dhuhur.

Ada waktu terbaik untuk mengerjakan sholat dhuha yaitu diwaktu seperempat (diwaktu akhir), hal ini terjadi pada keadaan dengan keadaan yang semakin panas.

Sesuai dengan hadits yang diriwayatkan Zaid bin Arqam:

Tidakkah mereka melihat bahwa sholat diselain waktu ini lebih utama. Seseungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,' shalat orang-orang awwabin (taat; kembali pada Allah) adalah ketika anak unta mulai kepanasan, ” (HR. Muslim)

Baca Juga: Bacaan Ayat Kursi Lengkap dengan Arab-Latin, dan Terjemahan Indonesia

Sebelum melakukan sholat dhuha terlebih dahulu terlebih dahulu diawali dengan niat. Niat tersebut dapat dilafalkan dalam hati dan dapat juga dilafalkan.

Niat Sholat, Tata Cara dan Do’a Sholat Dhuha

Niat sholat dhuha adalah ‘usholli sunnatadh dhuha rok'ataini lillaahi ta'aalaa’

Tata cara mengerjakan sholat dhuha sebetulnya sama dengan sholat sunnah lain pada umumnya yaitu dua rakaat sholat dan satu salam. Perbedaan tata cara sholat dhuha dari sholat-sholat sunah lainnya terletak pada niat, doa dan waktunya.

Halaman:

Editor: Muhammad Nur


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X