Belajar dari Kebijaksanaan Luqman Al-Hakim

- 16 September 2020, 15:38 WIB
Ilustrasi kisah Nabi Ibrahim. /Pixabay

JURNAL GARUT - Dalam Alquran ada satu surah yang diberi nama surah Luqman, karena di dalamnya diabadikan nasihat-nasihat Luqman kepada anaknya.

Luqman adalah orang yang dianugerahi hikmah atau oleh Allah SWT. Oleh karena itu, ia sering disebut Luqman al Hakim, yakni Luqman yang bijaksana.

Dalam buku 'Rahasia dan Hikmah Shalat 5 Waktu yang Bermakna' disebutkan Ibn 'Umar pernah meriwayatkan bahwa ia pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda,

Baca Juga: Kisah Nabi Adam Wafat Setelah 1000 Tahun Hidup di Muka Bumi

"Aku katakan dengan sebenar-benarnya bahwa Luqman bukanlah seorang nabi, tetapi ia adalah seorang hamba yang sering bertafakur dan memiliki keyakinan yang benar. Ia mencintai Allah sehingga Dia mencintainya dan memberinya kebijaksanaan."

Dalam beberapa kisah juga disebutkan Luqman sering berkumpul bersama para ahli agama dan orang-orang bijak bestari. Luqman selalu mengambil hikmah dan pelajaran dari apa yang dialaminya, melawan hawa nafsu, dan memelihara diri dari godaan setan.

Dia mengobati hatinya dengan tafakur dan mengobati dirinya dengan belajar. Luqman hanya melakukan hal-hal yang berguna sehingga ia dianugerahi kebijaksanaan dan diberi perlindungan.

Baca Juga: Harta Karun dan Kisah nabi Musa yang berdebat dengan Sepupu Yahudinya

Suatu waktu, Allah SWT menyuruh sekelompok malaikat ketika Luqman beristirahat di siang hari. Mereka memanggil Luqman tanpa menampakkan diri dan berkata,

Halaman:

Editor: Muhammad Nur


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X