Jangan Lupa! Besok Puasa Tasu’a, Berikut Niat Lengkap dengan Lafal Latin dan Arti

- 27 Agustus 2020, 20:27 WIB
Ilustrasi puasa.
Ilustrasi puasa. /Unsplash/Christopher Jolly/

JURNAL GARUT - Bulan Muharram adalah salah satu dari empat bulan suci. Banyak hal yang bisa dilakukan pada bulan ini. Termasuk melakukan beberapa puasa sunnah.

Salah satu puasa sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW adalah puasa Tasu’a. Puasa Tasu’a adalah puasa sunnah yang dikerjakan pada tanggal 9 Muharram, dimana tahun ini bisa dilakukan pada Jumat, 28 Agustus 2020, besok.

Anjuran puasa ini terdapat dalam hadits shahih dari Ibnu Abbas RA berkata:

Baca Juga: Ingin Puasa Sunnah di Bulan Muharram? Yuk Baca Niat Ini!

حِينَ صَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ قَالُوا : يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّهُ يَوْمٌ تُعَظِّمُهُ الْيَهُودُ وَالنَّصَارَى فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” فَإِذَا كَانَ الْعَامُ الْمُقْبِلُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ صُمْنَا الْيَوْمَ التَّاسِعَ ” قَالَ : فَلَمْ يَأْتِ الْعَامُ الْمُقْبِلُ ، حَتَّى تُوُفِّيَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Artinya, “Ketika Rasulullah SAW melakukan shaum ‘Asyura dan memerintahkan para sahabat untuk mengerjakan shaum ‘Asyura, para sahabat berkata: ‘Wahai Rasulullah, hari ‘Asyura adalah hari yang diagungkan oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani.'” Maka Rasulullah SAW bersabda, “Jika tahun datang tiba, Insya Allah, kita juga akan melakukan shaum pada tanggal Sembilan Muharram.” Tahun mendatang belum tiba, ternyata Rasulullah SAW keburu wafat. (HR. Muslim, ath-Thabari, dan al-Baihaqi).

Baca Juga: Manfaat Puasa Sunnah Senin Kamis, Bisa Turunkan Berat Badan Hingga Jaga Kesehatan Jantung

Lantas, bagaimana niat puasa sunnah Tasu’a tersebut? Berikut bacaan niat puasa sunnah Tasu’a yang Jurnalgarut lansir dari nu.or.id:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ التَا سُوعَاء لِلهِ تَعَالَى

Halaman:

Editor: Fariz Akbar

Sumber: NU Online


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X