Ingin Lanjut Syawalan? Berikut Niat Puasa Sunnah di Bulan Syawal Lengkap dengan Artinya

- 14 Mei 2021, 04:50 WIB
Ilustrasi niat puasa syawal.
Ilustrasi niat puasa syawal. /mohamed_hassan/Pixabay/mohamed_hassan

JURNAL GARUT - Puasa sunnah selama enam hari di bulan syawal selalu menjadi amalan yang paling utama setelah satu bulan puasa Ramadhan.

Bila biasanya orang sunda menyebutnya dengan istilah 'nyawalan' selama enam hari. Namun puasa di bulan Syawal tidak lah semudah puasa di bukan Ramadan.

Seringkali godaan puasa di bulan Syawal lebih besar ketimbang puasa di bulan Ramadan. Bagimana tidak banyaknya makanan di bulan Syawal. Ketika silaturahmi menjadi salah satu godaan tersendiri.

Baca Juga: Naskah Khutbah Idul Fitri 2021: Mencapai Kesempurnaan Ramadhan, Malaikat Gembira Melihat Orang Berpuasa

Sebagaimana dalam hadis sahih riwayat Imam Muslim dikatakan bahwa, ‘Barang siapa berpuasa Ramadhan kemudian dilanjutkan dengan enam hari dari Syawal, maka seperti pahala berpuasa setahun.’

Hukum puasa Syawal sendiri sunnah bagi orang yang tak memiliki tanggungan puasa wajib, baik qadha puasa Ramadhan atau puasa nazar.

Sama seperti puasa di bulan Ramadhan, niat puasa Syawal pun sama seperti puasa sunnah lainnya, yakni tak mesti dilakukan di malam hari atau sebelum terbit fajar.

Baca Juga: Tata Cara dan Niat Sholat Idul Fitri 2021 Agar Bisa Dilakukan di Rumah Sendiri atau Berjamaah

Bagi yang malam harinya tak berniat, tapi ketika di pagi atau siang hari ingin melakukan puasa Syawal, maka hal itu diperbolehkan untuk berniat sejak ia berkehendak puasa sunnah saat itu juga.

Halaman:

Editor: Muhammad Nur

Sumber: NU Online


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X