Ini Amalan-Amalan yang Bisa Dilakukan Ketika Menjemput Malam Lailatul Qodar

- 3 Mei 2021, 17:45 WIB
Kapan Lailatul Qodar bulan Ramadhan 1442 H ?
Kapan Lailatul Qodar bulan Ramadhan 1442 H ? /pixabay.com/jplenio


JURNAL GARUT - Malam Lailatul Qodar merupakan malam yang sangat ditunggu-tunggu oleh kaum muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa. Berikut amalan-amalan yang bisa dilakukan saat menjemput malam Lailatul Qodar.

Beberapa ulama meyakini jika malam Lailatul Qodar diyakini datang pada malam ganjil puasa Ramadhan 2021.

Meksi sudah terlewat pada malma ganjil pertama pada malam Minggu, 2 Mei 2021 merupakan malam ke-21 atau malam ganjil pertama di 10 hari terakhir yang berpotensi sebagai malam Lailatul Qadar.

Baca Juga: Bacaan Al Quran Surah Al Qadr Ayat 1-5, Arab, Latin, dan Artinya

Namun masih ada beberapa potensi malam Lailatul Qadar merupakan malam spesial karena amalan di malam itu setara dengan 1.000 bulan.

Seperti dilansir Jurnal Garut dari Nu Online, berdasarkan keterangan Al-Qur’an dan As-Sunnah, disebutkan bahwa dalam bulan Ramadhan terdapat suatu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Malam yang indah itu disebut Lailatul Qadar atau malam kemuliaan.

Bila seorang muslim mengerjakan kebaikan-kebaikan di malam itu, maka nilainya lebih baik dari mengerjakan kebaikan selama seribu bulan atau sekitar 83 tahun sampai 84 tahun.

Baca Juga: 19 Ucapan Idul Fitri untuk Teman, Kerabat, Bisa di Bagikan Lewat Pesan Group atau Status

Lailatul Qadar sebagaimana dijelaskan di dalam Al-Qur'an terdapat pada surah al-Qadar atau surat ke-97. Ia terdiri atas lima ayat.

Artinya : Sesungguhnya Kami telah menurunkan (Al Quran) pada malam kemuliaan. (1) Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?.(2) Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.(3) Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. (4) Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar (5)

Halaman:

Editor: Muhammad Nur


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X