Masih Ada Waktu Jemput Malam Lalilatul Qadar, Sebagian Ulama Sebut Turun di Tanggal Ganjil

- 3 Mei 2021, 13:14 WIB
Ilustrasi Malam Lailatul Qodar/Foto : Instagram @madinacity
Ilustrasi Malam Lailatul Qodar/Foto : Instagram @madinacity /

JURNAL GARUT - Beberapa ulama meyakini jika malam Lailatul Qodar diyakini datang pada malam ganjil puasa Ramadhan 2021.

Meksi sudah terlewat pada malma ganjil pertama pada malam Minggu, 2 Mei 2021 merupakan malam ke-21 atau malam ganjil pertama di 10 hari terakhir yang berpotensi sebagai malam Lailatul Qadar.

Namun masih ada beberapa potensi malam Lailatul Qadar merupakan malam spesial karena amalan di malam itu setara dengan 1.000 bulan.

Baca Juga: 10 Ucapan Idul Fitri Terbaru 2021 yang bisa di Bagikan di Semua Aplikasi Perpesanan atau Media Sosialmu

Berdasarkan keterangan Al-Qur’an dan As-Sunnah, disebutkan bahwa dalam bulan Ramadhan terdapat suatu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Malam yang indah itu disebut Lailatul Qadar atau malam kemuliaan.

Bila seorang muslim mengerjakan kebaikan-kebaikan di malam itu, maka nilainya lebih baik dari mengerjakan kebaikan selama seribu bulan atau sekitar 83 tahun sampai 84 tahun.

Seperti dilansir Jurnal Garut dari Nu Online, menurut pandangan beberapa sahabat, bahwa malam Qadar jatuh pada tanggal 27 Ramadhan. Pendapat itu didukung oleh Ubay Ibn Ka’ab r.a, Ibnu Abbas r.a. dan Ibnu Umar r.,a. Sebagian ulama berpendapat bahwa malam kemuliaan itu berpindah-pindah dalam sepuluh malam yang terakhir dari bulan Ramadhan.

Baca Juga: 25 Ucapan Idul Fitri 2021/1442 H Penuh Harapan dan Doa Cocok Untuk Status WA, IG dan FB

Sebagian lainnya berpendapat bahwa malam itu pasti terjadi pada salah satu tanggal dari bulan Ramadhan. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari dan Muslim disebutkan, bahwa malam Qadar terjadi pada malam-malam ganjil dari sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan, Nabi s.a.w. bersabda:

Halaman:

Editor: Muhammad Nur

Sumber: NU Online


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X