Ini Penjelasan Tentang Oprasi Lasik yang Dianggap Bisa Membatalkan Puasa

- 30 April 2021, 10:14 WIB
ilustrasi mata
ilustrasi mata /Aliefia Rizky/pexels/@aleksey-kuprikov-1883853

JURNAL GARUT - Oprasi lasik merupakan salah satu cara atau prosedur laser yang memperbaiki mata yang memiliki gangguan seperti minus, rabun jauh, silinder maupun rabun dekat.

Lalu bagimana jika anda berencana melakukan oprasi lasik pada bulan suci Ramadhan? Apakah puasa yang dijalankan bisa batal karena oporasi lasik? Berikut Jurnal Garut mencari beberapa jawaban dari terkait hal ini.

Sedikti tentang oprasi lasik menurut nationallasikcenter.id, Lasik (Laser In Situ Keratileusis) adalah prosedur laser untuk mengoreksi gangguan refraksi (mata minus/rabun jauh, silinder, rabun dekat) sehingga terbebas dari alat bantu penglihatan seperti kacamata dan contact lens.

Baca Juga: 7 Hal yang Dapat Membatalkan Puasa, Salah Satunya Jangan Dekat-dekat Dengan Istri Jika Tidak Kuat

Lasik merupakan salah satu metode atau teknik yang termasuk dalam Laser Vision Correction (LVC). Namun, sebagian besar masyarakat lebih mengenal metode tersebut dengan istilah Lasik.

Pada umumnya, lasik meliputi tindakan yang membentuk flap pada lapisan Kornea dengan tujuan membetulkan bentuk Kornea agar fokus pada mata kembali berfungsi dengan baik terhadap objek.

Operasi lasik sendiri umumnya berlangsung selama 15—30 menit dengan pembiusan lokal. Yang lebih lama justru pre lasik sekitar sepekan sebelumnya. Pre lasik untuk memperlancar prosedur lasik dan mendapatkan hasil terbaik ini bisa memakan waktu sekitar 2 jam.

Baca Juga: Niat Zakat Fitrah di Bulan Ramdhan 2021, Serta Besaran Zakat yang Harus Dikeluarkan dengan Uang

Operasi Lasik Membatalkan Puasa?

Halaman:

Editor: Muhammad Nur

Sumber: Bersama Dakwah.


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X