Jika Allah Berikan 3 Tanda Ini Berarti Anda Orang Yang Bahagia, Bersyukurlah.!

- 3 Desember 2020, 14:46 WIB
Bersyukur kupada Allah SWT /pixabay.com

JURNAL GARUT - Siapa yang tidak mau hidup bahagia, di benak setiap orang hidup bahagia adalah sebuah cita-cita atau harapan yang di inginkan, baik itu hidup bahagia didunia ataupun diakhirat, namun pada kenyataannya, tidak semua orang di berikan kenikmatan hidup seperti itu.

Padahal Islam memberikan tuntunan kepada manusia supaya bisa merih hidup bahagia dan perintah itu pun bisa kita tinjau dalam Al-Quran maupun hadist Nabi.

Misalnya adalah dalam Qs. Al-Mukminun (23): 1-9 Allah SWT sudah berfirman; "sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu' dalam sembahyangnya, dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna. Dan orang-orang yang menunaikan zakat, dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela,Barangsiapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas, Dan orang-orang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya, dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya"

Baca Juga: Guru Wajib Ikut, Kemdikbud Adakan Indonesia Edu Webinars Khusus Guru di Abad 21

Dapat disimpulkan bahwa, utnuk mencapai kebahagiaan dunia maupun akhirat sebetulnya tidaklah sulit, Akan tetapi, kita sebagai manusia yang terkadang justru malah membuat itu menjadi sulit sendiri.

Supaya hidup kita bisa bahagia dunia maupun akhirat, islam mengajarkan 3 point penting yang harus kita kerjakan yaitu;

1. BerIstighfar Saat Jatuh Dalam Kubangan Dosa

Tatkala berbuat dosa, iman seorang mukmin akan mendorongnya untuk segera inabah (kembali kepada Allah) dan bertaubat. Allah SWT tak bosan menyeru kepada hamba-Nya yang beriman untuk segera bertaubat.

Dalam Qs. At-Tahrim ayat 8, Allah SWT berfirman: "Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuha (taubat yang semurni-murninya)".  begitu juga dalam Qs. An-Nur: 31, Allah SWT pun berfirman: "Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah hai orang-orang yang berimman, supaya kamu beruntung" Dari dua ayat tersebut bisa disimpulkan bahwa, jika seorang beriman berbuat dosa, maka ia akan menjadikan imannya sebagi tempat berlindung.

Halaman:

Editor: Muhammad Nur

Sumber: YouTube, NU


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X