Ingin Diet Tapi Asam Lambung Bermasalah? Coba Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini!

- 23 Oktober 2020, 14:56 WIB
Ilustrasi diet, olahraga, dan tubuh langsing. Katanya Mau Langsing...? Makanya, Hindari Kebiasaan dibawah yang Bisa Bikin Tambah Gembul
Ilustrasi diet, olahraga, dan tubuh langsing. Katanya Mau Langsing...? Makanya, Hindari Kebiasaan dibawah yang Bisa Bikin Tambah Gembul /pexels.com

JURNAL GARUT - Bagi pengidap asam lambung, melakukan diet tentu menjadi hal yang tidak mudah. Namun hal ini bisa tetap dilakukan dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi.

Biasanya pengidap asam lambung akan merasakan perut terasa perih walaupun telat makan sedikit. Namun jika dietnya dilakukan dengan benar dan mengonsumsi makanan yang tidak sembarangan, asam lambung yang diderita tetap aman.

Lantas apa saja jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk diet oleh pengidap asam lambung?

Baca Juga: Berolahraga di Malam Hari Bikin Susah Tidur? Cari Tahu Faktanya Yuk!

Dikutip Jurnal Garut dari Halodoc, berikut 5 jenis makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung ketika menjalankan diet.

1. Daging dan Ikan Tanpa Lemak

Protein dalam kedua bahan makanan tersebut adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan para pengidap asam lambung saat melakukan diet.

Keduanya mampu meringankan beban kerja organ lambung. Beberapa jenis ikan yang disarankan adalah salmon, tuna, sarden, dan ikan kod

Baca Juga: Viral! Ceramah Ustad Yusuf Mansur Mengiringi Kabar ‘Kematian’ Naruto

Jenis ikan tersebut mengandung lemak yang rendah namun tinggi protein yang mampu memicu pembentukan sel pada tubuh, serta sangat cocok dikonsumsi para pengidap perut sensitif.

Disarankan juga untuk mengonsumsi daging ayam atau sapi tanpa lemak. Putih telur juga aman dikonsumsi bagi pengidap asam lambung yang ingin diet.

2. Buah-Buahan dengan Kandungan Asam Rendah

Pengidap asam lambung asam lambung yang sedang diet, harus menghindari makanan dengan tingkat keasaman yang tinggi, seperti lemon, jeruk, dan tomat.

Baca Juga: Hari Ini Tepat Kecelakaan yang Merenggut Nyawa Marco Simoncelli Ini Lima Insiden Mengerikan d MotoGP

Memang Vitamin C merupakan makanan yang baik dikonsumsi guna menjaga daya tahan tubuh. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, gejala asam lambung bisa kumat sewaktu-waktu.

Selain itu, hindari buah-buahan dengan kandungan gas yang tinggi. Seperti nangka, kedondong, dan pisang ambon. Karena hal ini bisa memicu asam lambung naik seketika.

3. Sayuran dengan Kandungan Asam Rendah

Baca Juga: Cerita Alex Marquez Kendalikan RC213V: Motor ini Tidak Mau Belok

Pengidap asam lambung yang sedang diet dianjurkan untuk menghindari sayuran yang mengandung gas dan kadar asam tinggi.

Kedua jenis sayuran tersebut dapat memicu naiknya asam lambung. Beberapa jenis sayuran yang aman dikonsumsi, yaitu asparagus, kacang hijau, seledri, dan brokoli.

4. Tanaman Herbal

Tanaman herbal menjadi salah satu makanan diet pengidap asam lambung yang aman untuk dikonsumsi. Tanaman herbal ini termasuk jahe yang mampu mengendalikan rasa lapar serta mempercepat proses pembakaran lemak tubuh.

Selain itu, bisa juga mengonsumsi lidah buaya secara mentah atau yang sudah diolah menjadi jus. Agar lendirnya hilang dan rasanya tidak pahit, disarankan untuk merendamnya semalaman sebelum dikonsumsi. 

Baca Juga: Marc Marquez Tak Kunjung Sembuh, Ada Rumor Marquez Bakal Kembali Operasi Untuk Ketiganya?

5.Makanan dengan Kandungan Karbohidrat yang Pas

Kurangnya karbohidrat dapat membuat tubuh menjadi lemas. Alih-alih berat badan berkurang, justru bisa pingsan saat kadar karbohidrat dalam tubuh tidak mencukupi.

Diet yang baik dan benar harus dilakukan dengan kombinasi protein, lemak, dan karbohidrat sebagai sumber utama energi.

Jika ragu untuk mengonsumsi nasi putih sebagai sumber karbohidrat, bisa menggantinya dengan oatmeal, roti gandum, atau nasi merah.

Baca Juga: Ketinggalan Nonton Bola Tadi Malam? Ini Hasil Liga Europa Tadi Malam Babak Fase Grup 2020/21

Itulah sejumlah makanan diet bagi pengidap asam lambung. Selain menjalani diet yang sehat, olahraga juga tentu menjadi hal yang penting dilakukan walaupun sedang menjalani diet.***

Editor: Muhammad Nur

Sumber: Halodoc


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X