Wudhu Dapat Mencegah Kanker Kulit? Ini Alasannya!

- 16 September 2020, 16:08 WIB
Ilustrasi kulit. /Pexels/Juan Pablo Serrano Arenas/

JURNAL GARUT - Kanker adalah salah satu penyakit yang menyumbang angka kematian yang besar di dunia. Saking berbahayanya, kanker bisa menyerang siapa saja. Termasuk diri kita.

Berdasarkan hasil penelitian kembar yang dipublikasikan oleh jurnal medis The Lancet, kanker di negara-negara maju kini membunuh lebih banyak orang ketimbang penyakit jantung.

Namun bila kita cermati bersama, sebagai seorang muslim kita ternyata senantiasa melakukan hal-hal yang bisa mencegah kanker itu sendiri. Seperti misalnya wudhu, yang memiliki khasiat untuk mencegah kanker kulit.

Baca Juga: Sedang Merasa Stress Akibat Pandemi?Coba Atasi Dengan Menggambar?

Menurut dr. Shella Ramashanti, sejatinya wudhu adalah untuk membersihkan kulit kita dari segala kotoran. Meski banyak yang tidak sadar, wudhu dengan cara yang benar niscaya dapat mencegah dari berbagai macam penyakit.

"Penyebab paling sering dari kanker kulit sendiri biasa karena sinar uv, polusi. Nah wudhu mencegah kanker karena dia membersihkan kulit. Apalagi daerah yang gampang terkena polusi kan kulit wajah, tangan, kaki," ujar Shella saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Polusi seperti asap, debu, dan lain-lain mengandung polutan, dan kulit sering menyerap polutan ini. Jika kulit terpapar terus menerus, dan tidak pernah dibersihkan secara baik dan benar, maka akan menumpuk di kulit.

Baca Juga: Penasaran, Ternyata Begini Budaya Pacaran di Jepang, Bertemu Orang Tua Berarti Sudah Siap Menikah?

"Nantinya bisa terbentuk hiperpigmentasi kulit, atau pun malah perubahan DNA yang nanti bisa jadi kanker kulit," lanjutnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Nur


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X