Dianjurkan Buang Air Kecil Setelah Berhubungan Badan, Ternyata ini Alasannya

- 13 Agustus 2020, 09:50 WIB
Ilustrasi berhubungan intim. //Shutterstock

JURNAL GARUT - Buang air kecil setelah berhubungan intim sangat dianjurkan, karena diyakini dapat menjauhkan diri dari risiko infeksi saluran kemih (ISK).

Mungkin bagi sebagian orang, berhubungan intim atau "ML" (making love/bercinta) merupakan hal yang menyenangkan. Namun, jangan sampai lupa untuk memperhatikan kebersihan setelah melakukannya.

Lalu, kenapa harus buang air kecil setelah berhubungan intim?

Menurut Ahli Ginekologi, Alan B Copperman mengatakan, hal tersebut karena ada bakteri yang masuk ke uretra dan ke saluran kemih.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 13 Agustus 2020: Aries dan Scorpio Mendapat Keberuntungan

"Seks sering diasosiasikan dengan ISK karena seks mengirimkan bakteri (dari anus) ke uretra dan masuk ke saluran kemih," jelas ahli ginekologi, Alan B Copperman, mengutip Self.

Dikutip Jurnal Garut dari Galamedia.com, bakteri masuk ke uretra dan berkembang biak. Dari sini, bakteri bakal masuk ke kandung kemih, ureter (saluran yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih), bahkan hingga ginjal saat infeksi tidak diatasi.

Mengutip dari Mayo Clinic, perempuan lebih rentan mengalami ISK daripada laki-laki. Soalnya panjang uretra perempuan lebih pendek daripada laki-laki sehingga membuat 'perjalanan' bakteri ke sistem saluran kencing jadi lebih cepat.

Baca Juga: Selain Mengatasi Risiko Kanker, Durian Juga Mempunyai Segudang Manfaat Lain Lho!

Halaman:

Editor: Agung Julianto

Sumber: Galamedianews


Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X