Ini Penyebab dan Cara Mengatasi, Sering Lemas dan Menghantuk Saat Menjalankan Ibadah Puasa

- 1 Mei 2021, 09:35 WIB
 Ilustrasi - Berikut ini adalah cara untuk menghilangkan rasa mengantuk saat puasa di Bulan Ramadhan, salah satunya penuhi durasi tidur.*
Ilustrasi - Berikut ini adalah cara untuk menghilangkan rasa mengantuk saat puasa di Bulan Ramadhan, salah satunya penuhi durasi tidur.* //Andrea Piacquadio/pexels.com


JURNAL GARUT - Pada saat menjalankan ibadah di Bulan Suci Ramadhan banyak kebiasaan yang harus dirobah, dari mulai pola makan hingga pola tidur.

Hal ini tentu sangat berdampak pada jam kerja anda, bahkan sering kali merasa mengantuk di siang hari. Rasa kantuk terkadang terasa semakin besar, bukan? Jika ya, maka coba periksa jenis makanan yang Anda konsumsi saat sahur.

Seperti dikutip dari Medical News Today, makanan kaya karbohidrat menjadi salah satu penyebab orang merasa lebih mengantuk ketimbang jenis makanan lainnya.

Baca Juga: Pisces Hari ini, Sabtu 1 Mei 2021: Kamu Perlu Mengambil Kendali Hidup Kamu Kembali

Beberapa peneliti meyakini seseorang akan merasa lebih mengantuk setelah makan karena tubuhnya memproduksi serotonin lebih banyak. Serotonin merupakan hormon yang memainkan peran dalam regulasi mood dan siklus tidur.

Ada sejumlah makanan yang mengandung karbohidrat lebih tinggi antara lain nasi, roti, kue, camilan kue kering, susu, makanan mengandung gula seperti permen.

Tidak hanya mengantuk saat puasa tubuh rasanya cepat sekali lelah. Mata pun rasanya ingin terus menutup, padahal pekerjaan masih banyak yang harus diselesaikan.

Baca Juga: Aquarius Hari Ini Sabtu, 1 Mei 2021: Kamu Menerima Banyak Perhatian dari Semua Orang

Nach, sesungguhnya, apa sich yang membuat kita jadi mengantuk selama puasa? Berikut penyebab-penyebabnya dan langkah menanganinya.

Pemicu Mengantuk Saat Puasa

Halaman:

Editor: Muhammad Nur

Sumber: ANTARA, Orami.com


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X