Malas Buat Panganan Saat Sahur? Ini Tips Sajian Makanan Buka Bisa Buat Sahur Tanpa Dihangatakan

- 15 April 2021, 10:30 WIB
Ilustrasi sayur sop.
Ilustrasi sayur sop. /Tangkapan layar chanel Youtube @Rudy dan Sahabat TV.

JURNAL GARUT - Saat menjelang sahur seringkali para kaum ibu bangun lebih pagi daripada anggota keluarga yang lain untuk menyipakan makanan buat sahur. Bahkan seringkali tidak sempat untuk menyipakan masakan karena bangunnya kesiangan.

Ini menjadi salah satu solusi bagi anda dari dokter spesialis gizi klinik dari Universitas Indonesia dr. Putri Sakti tidak menyarankan anda menghangatkan makanan berbuka agar bisa dikonsumsi kembali saat sahur.

Ketimbang menghangatkan makanan, Anda bisa misalnya menyiapkan bumbu untuk dua porsi sekaligus, sembari menyiapkan bahan masakan untuk sahur.

Baca Juga: Stok Pangan di Garut Dipastikan Aman, Bupati: Yang Penting Sekarang Ada Buat Belinya

"Memang yang terbaik tidak boleh dipanaskan (dihangatkan). Saya sarankan bikin bumbunya untuk dua porsi, saat buka dan sahur. Misalnya membuat sop, bumbu dasarnya dibuat dobel, lalu kaldunya dibuat satu panci besar.

Nanti saat sahur tinggal masukkan sayurannya saja dengan harapan kandungan dalam sayuran tidak rusak," kata dia dalam webinar "Dokter Menjawab" bertema dalam "Diet dan Olahraga di Bulan Puasa", Rabu 14 April 2021.

Untuk menu sahur, Putri merekomendasikan Anda hidangan berkuah semisal sop dengan sayuran yang bervariasi atau ditambah bahan lain semisal ayam, daging atau kacang merah. Jadi, dalam satu hidangan ini juga mencakup sumber vitamin, protein hewani dan nabati.

Baca Juga: Pisces Hari Ini, 15 April 2021: Kamu Dapat Berhubungan Baik dengan Semua Orang yang Kamu Temui Hari Ini

"Saya pilih kuah-kuahan karena kita membutuhkan menambah cairan untuk seharian, di samping juga tidak ribet membuatnya. Lalu, dengan variasi sayur. Masukin juga ayam potong atau besoknya dengan daging, kacang merah. Jadi dalam satu kali masak sudah ada protein hewani, nabati dan sayur," tutur dia.

Halaman:

Editor: Muhammad Nur

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X