8 Hal Yang Membatalkan Puasa Yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

- 13 April 2021, 15:35 WIB
Ilustrasi  bulan puasa.
Ilustrasi bulan puasa. /Pixabay/Chiplanay/PIXABAY/Chiplanay

JURNAL GARUT - Ibadah puasa Ramadan tahun ini di mulai pada Selasa tanggal 13 April 2021, hari ini. Puasa Ramadan sendiri merupakan ibadah yang wajib dilakukan umat muslim selama satu bulan penuh.

Sebagaimana dijelaskan dalam surat Al Baqarah ayat 183, "hai orang-orang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa".

Ibadah puasa yakni menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkannya mulai dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Dalam melaksanakan ibadah puasa Ramadhan, kita perlu mengetahui hal-hal yang dapat membatalkan puasa, selain makan dan minum serta menahan syahwat. Berikut adalah hal-hal yang membatalkan puasa dan hal-hal yang harus dihindari saat berpuasa Ramadhan, dilansir dari laman islam.nu.or.id.

Baca Juga: 5 Makanan yang Harus di Hindari Jika Anda Sedang Sembelit dan Merasa Lesu Saat Berpuasa

Berikut adalah hal-hal yang membatalkan puasa yang penting untuk diketahui: 

1. Memasukan Sesuatu Ke dalam Tubuh Dengan Sengaja

Puasa seseorang akan batal ketika adanya benda yang masuk ke dalam salah satu lubang anggota tubuh seperti mulut, telinga, hidung.

Benda tersebut masuk ke dalam kesengajaan dari diri seseorang. Lubang ini memiliki batas awal yang ketika benda melewati batas tersebut maka puasa menjadi batal, tapi selama belum melewatinya maka puasa tetap sah.

Halaman:

Editor: Muhammad Nur

Sumber: NU


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X