Perlu Diketahui Ini Menu Berbuka dan Sahur Agar Badan Tetap Fit Saat Puasa Ditengah Pandemi

- 13 April 2021, 10:27 WIB
Ilustrasi. Guna menjaga daya tahan tubuh selama berpuasa di tengah pandemi Covid-19, berikut ini tips menu berbuka puasa dan sahur Ramadhan 2021.
Ilustrasi. Guna menjaga daya tahan tubuh selama berpuasa di tengah pandemi Covid-19, berikut ini tips menu berbuka puasa dan sahur Ramadhan 2021. /Pixabay/Free-Photos

JURNAL GARUT - Dokter specialist nutrisi klinik RSUI, Wahyu Ika Wardhani memberi panduan untuk Anda supaya selalu sehat sepanjang bulan Ramadhan di periode wabah COVID-19 ini lewat penyeleksian menu makanan yang pas di saat buka dan sahur.

"Untuk makanan sahur, disarankan untuk sumber karbohidrat utamakan dari yang berjenis karbohidrat kompleks seperti nasi beras merah atau roti gandum, perbanyak konsumsi sayur dan buah untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan serat," ujar dia dalam siaran pers RSUI, ditulis Minggu.

Ika yang alumnus dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu mereferensikan kepada Anda untuk mengkonsumsi lauk pauk kaya protein seperti ayam, ikan atau telur saat sahur.

Baca Juga: Resep Sop Telur Putih Cocok Untuk Menu Diet Saat Berbuka Puasa

Sementara untuk menu makanan berbuka, ia merekomendasikan agar Anda menghindari makan makanan secara berlebihan dan kebalikannya, cicipilah makanan secara perlahan-lahan.

Berkaitan dengan tipe makanan, seharusnya anda menjauhi gorengan dan membatasi konsumsi gula berlebih.

Contoh makanan buka yang bagus untul dikonsumsi ialah kurma. Seperti sunnah Nabi Muhammad SAW, beberapa Muslim dapat mengkonsumsi tiga buah kurma saat buka puasa, karena makanan ini diantaranya termasuk sumber serat yang bagus.

Baca Juga: Berikut Rekomendasi Sinetron Selama Bulan Ramadhan, Dari Para Pencari Tuhan hingga Ikatan Cinta

Anda tidak harus mengkonsumsi makanan manis seperti slogan yang mengatakan "berbukalah dengan yang manis".

Halaman:

Editor: Muhammad Nur

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X