Gagal Diet di Tengah Pandemi? Perhatikan Hal ini Jika Diet mu Pengen Berhasil

- 27 Maret 2021, 11:59 WIB
Ada tiga hal yang dapat membantu pasien obesitas untuk menjalani diet sesuai dengan jalurnya.
Ada tiga hal yang dapat membantu pasien obesitas untuk menjalani diet sesuai dengan jalurnya. /Antara/

JURNAL GARUT - Peningkatan berat badan yang berlebih atau kegemukan sebagai satu diantara permasalahan kesehatan yang banyak dibicarakan di sepanjang wabah COVID-19 yang sudah berjalan sepanjang setahun semenjak Maret 2020 lalu.

Beberapa orang merasakan peningkatan berat badan yang berlebih di sepanjang pandemi yang saat ini sedang terjadi, apa lagi bila mereka jarang beraktivitas fisik atau olahraga, serta lebih kerap membeli makanan siap saji.

Dilansir Jurnal Garut dari Antara, Prof. Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc mengatakan kejadian obesitas ini disebabkan karena pola hidup yang memang sekarang dibatasi.

Baca Juga: Hindari Konsumsi Makanan Berikut Jika Perut Anda Benar-Benar Kosong, Efeknya Mengerikan!

"Dikhawatirkan memang naik (kejadian obesitas) karena pola hidup yang mobilitasnya dibatasi," kata ahli nutrisi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc kepada ANTARA, Jumat.

dr. Saptawati selanjutnya menjelaskan banyak hal yang bisa dikerjakan untuk menghindari peningkatan bobot badan yang berlebih saat pandemi, seperti mengendalikan jenis energi yang masuk ke makanan dan perbanyak rutinitas fisik walau di dalam rumah.

Menu nutrisi imbang harus benar-benar jadi perhatian, kecuali untuk mengatur bobot badan, makanan yang memiliki kandungan banyak gizi berguna juga untuk mempertahankan kesehatan tubuh.

Baca Juga: Pisces Hari Ini, 27 Maret 2021: Keuangan Kamu Sedang dalam Tahap Berkembang Sekarang

"Memilih makanan pokok sumber karbohidrat yang rendah nilai indek glikemiknya, semisal beras merah, kemudian lauk pauk lebih yang nabati atau hewani rendah lemak dengan pemasakan tanpa digoreng, serta perbanyak sayur dan buah," ujar ahli nutrisi dari Asosiasi Nutrisi Indonesia itu.

Halaman:

Editor: Fariz Akbar

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X