Benarkah Daging Yang Dibakar Bisa Sebabkan Kanker? Cek Fakta dan Cara Mencegahnya

- 20 Maret 2021, 17:40 WIB
Ilustrasi Daging Puyuh
Ilustrasi Daging Puyuh /pixabay/

JURNAL GARUT - Makanan apapun itu, jika proses pematangannya melalui moetode dibakar dengan suhu tinggi dan samapai meninggalkan bekas bakar yang disebut grill marks (tanda gosong) itu berisiko sebabkan kanker bagi yang mengonsumsinya.

hal itu karena pada proses pembakaran secara langsung dengan temperatur yang sangat tinggi dapat membuat senyawa bernama heterocyclic amnines atau HCA

HCA ini merupakan reaksi asam amino dengan kreatin pada daging, sebagai senyawa mutagenic atau dapat bermutasi dan sebagai tipe karsinogen, yang menjadi salah satunya pemicu kanker.

Baca Juga: Lirik Lagu ' Salah Mencintai ' , Betran Peto , yang Trending di Youtube

Baca Juga: Jadwal Lengkap MotoGp 2021 yang akan Dimulai Minggu Depan di Sirkuit Internasional Losail, Qatar

Meski seperti itu, bukan tidak mungkin kita tidak bisa menikmati makanan atau daging yang dibakar sama sekali.

Karena ada cara untuk mencegahnya, seperti yang kami lansir dari Portal Jember.com pada artikelnya yang berjudul "Daging yang Dibakar Berisiko Sebabkan Kanker, Ini Tips Aman untuk Mencegahnya" :

1. Kurangi intensif konsumsi daging merah yang dibakar

Sedapat mungkin turunkan intensif membakar daging, dan ubahlah dengan ayam atau seafood seperti ikan, udang, dan cumi. HCA tetap tercipta saat membakar ayam dan seafood, tetapi biasanya ke-2 bahan ini bisa lebih cepat masak dibandingkan daging hingga tak perlu memperoleh temperatur tinggi langsung.

Halaman:

Editor: Fariz Akbar

Sumber: Portal Jember


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X