Kenali Ciri-ciri Hewan Kurban yang Memiliki Penyakit Cacing

- 1 Agustus 2020, 20:37 WIB
ILUSTRASI daging.*/Pexels/Markus Spiske /

JURNAL GARUT - Momen hari raya Idul Adha membuat tren konsumsi daging oleh masyarakat meningkat. Kondisi itu mesti dibarengi dengan pemahaman tentang memilih daging kurban yang sehat.

Apalagi tak jarang ditemukan daging hewan kurban yang tak layak konsumsi karena berpenyakit. Salah satunya penyakit cacing hati atau fasciola hepatica.

Kepala Seksi Zoonosis dan Kesejahteraan Hewan Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Bandung Barat (KBB), dr Acep Rohimat mengatakan cacing hati ini membentuk tonjolan yang terkadang berwarna putih atau merah pada organ liver hewan kurban.

Baca Juga: Lirik Lagu Hush Lagu Terbaru Yellow Claw - Weird Genius Feat Reikko

"Kalau semua hati hewan rusak, saya sarankan untuk tidak dikonsumsi. Dibuang, dengan cara kubur atau dibakar," kata Acep, Sabtu 1 Agustus 2020.

Menurut Acep, pascadisembelih hewan kurban cacingan sulit diprediksi. Secara umum memiliki tanda seperti mata hewan kerap mengeluarkan kotoran, berbulu kusam, dan memiliki nafsu makan jelek.

"Yang paling tepat jika ingin mengetahui hewan cacingan adalah melihat tekstur hati. Kalau hati hewan terlihat tidak rata dan memiliki tonjolan berbentuk bola, itu pasti ada cacingnya," ujarnya.

Baca Juga: Update Harga Sepada Gunung Polygon Dibawah Rp2 Jutaan, Terbaik Bulan Agustus 2020

Acep menjelaskan, cacing hati hidup pada hati atau saluran empedu dari hawan ternak sebagai inangnya. Cacing itu kemudian bertelur pada kelenjar empedu dan selanjutnya dibawa ke usus dari hewan ternak.

Halaman:

Editor: Fariz Akbar


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X