Ferdian Paleka Bebas, Ini Penjelasan Polisi soal Perkara Hukumnya

- 4 Juni 2020, 22:03 WIB
FERDIAN Paleka dibebaskan dari tahanan oleh Polrestabes Bandung.* /ANTARA

JURNAL GARUT - Ferdian Paleka dibebaskan Polrestabes Bandung. Pelaku prank sembako sampah itu bisa menikmati udara segar terhitung Kamis 6 Juni 2020 siang.

Kedua rekan Ferdian Paleka, MA dan TF turut bebas. Sebelumnya, tiga orang ini terpaksa mendekam di tahanan sembari menjalani proses hukum.

Terkait hal ini, Kasatreskrim Polrestabes Bandung, AKBP Galih Indragiri menyebut, langkah pembebasan Ferdian Paleka dan dua temannya merupakan konsekwensi hukum. Pasalnya, laporan untuk ketiga pemuda itu dicabut oleh pihak pelapor. 

Baca Juga: Gelombang Demonstrasi Mahasiswa Dikabarkan Muncul untuk Turunkan Presiden Jokowi, Berikut Faktanya

"Dasarnya adalah pencabutan pengaduan dan laporan dari korban yang kami terima satu pekan lalu. Itu yang menjadi dasar kami untuk mengeluarkan para tahanan ini," kata Galih di Polrestabes Bandung, dilansir Antara.

 

Galih mengatakan, pencabutan laporan dari korban membuat proses hukum kasus prank Ferdian Paleka juga harus dihentikan. Pasalnya dalam UU ITE Pasal 45 Ayat 3, tersangka dijerat berdasarkan delik aduan.

Menurut dia, jika pelapor mencabut aduan atau laporannya, maka kasus tersebut otomatis bakal dihentikan proses hukumnya. Alhasil Ferdian Paleka dapat menghirup udara bebas setelah kurang dari satu bulan berada di dalam jeruji besi sejak Jumat 8 Mei 2020.

Baca Juga: Fakta Menarik dan Sinopsis Film Fury : Ketika Brad Pitt Hadapi Pasukan Nazi di Perang Dunia II

Halaman:

Editor: Fariz Akbar

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X