Bandung Raya Turun Jadi Level 4, Garut dan 10 Kota Lainnya di Jabar Menerapkan PPKM Level 3

- 27 Juli 2021, 07:29 WIB
Pemprov Jabar menetepakan Garut menjadi Level 3/PPKM di Garut Jalan Cimanuk dilakukan penyakatan, akibatnya angkutan umum tidak bisa masuk.
Pemprov Jabar menetepakan Garut menjadi Level 3/PPKM di Garut Jalan Cimanuk dilakukan penyakatan, akibatnya angkutan umum tidak bisa masuk. /Muhammad Nur/

 

JURNAL GARUT - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengumukan pada Senin 26 Juli 2021 bahwa ada 16 Kota/Kabupaten di Jawa Barat (Jabar) turun dan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4.

Sementara 11 daerah di Jabar yang menerapkan PPKM Level 3 usai Presiden RI Joko Widodo memperpanjang PPKM Level hingga 2 Agustus 2021.

Menurut Emil daerah yang menerapkan PPKM Level 3 akan ada sejumlah penyesuaian mengenai pembatasan.

Baca Juga: Daftar 95 Daerah Masuk PPKM Level 4 Penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan, Jadi Syarat Dapat BSU Rp1 Juta

"Tentunya yang pertama PPKM Level sudah diumumkan oleh Presiden, dan sudah mulai penerapan PPKM di Level yang lebih rendah, yaitu Level 3, Level 2, dan Level 1," kata Kang Emil memalui keterangan resmi, Senin 26 Juli 2021.

Adapun 11 daerah yang menerapkan PPKM Level 3 yakni Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Subang, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Garut, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Ciamis, dan Kabupaten Tasikmalaya.

Kang Emil menuturkan, berdasarkan laporan pemerintah pusat, sebenarnya ada 13 daerah di Jabar yang masuk Level 3. Namun, dua daerah lainnya, yakni Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi, tetap menerapkan PPKM Level 4 karena berada dalam aglomerasi Bandung Raya.

Baca Juga: 33 Daerah PPKM Level 3 Bisa Dapat BLT BPJS Ketenagakerjaan Rp1 Juta, Kemnaker Sosialisasi BSU ke Zona 3 dan 4

Jabar sebenarnya ada 13 daerah yang sudah masuk ke PPKM Level 3, terbanyak di seluruh pulau Jawa-Bali. Tapi, yang diizinkan ke Level 3 hanya ada 11 daerah. Karena Kota Cimahi dan Bandung Barat masuk ke wilayah aglomerasi Bandung Raya maka diarahkan melakukan PPKM Level 4,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Nur


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X