BREAKING NEWS, Gempa 4 Magnitudo Guncang Bandung, Dirasakan di Garut Hingga Cianjur

- 19 Juli 2021, 07:52 WIB
Ilustrasi gempa. Gempa bumi 4 magnitudo guncang Kabupaten Bandung pada 19 Juli 2021 pagi dan dirasakan di Cianjur hingga Garut
Ilustrasi gempa. Gempa bumi 4 magnitudo guncang Kabupaten Bandung pada 19 Juli 2021 pagi dan dirasakan di Cianjur hingga Garut /Pixabay

JURNAL GARUT - Gempa bumi mengguncang wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin pagi, 19 Juli 2021. Gempa berpusat di barat daya Kabupaten Bandung dan dirasakan di Garut hingga Cianjur.

Gempa terjadi pukul 06.49 WIB dengan kekuatan 4 magnitudo. Lokasi gempa berada di 7,78 lintang selatan dan 107,24 bujur timur.

Berada di 90 kilometer barat daya Kabupaten Bandung dengan kedalama 30 kilometer. Gempa tektonik itu dirasakan di Pangalengan, Kabupaten Bandung dan wilayah selatan Garut dan Cianjur seperti Caringin dan Sindangbarang.

Baca Juga: 3 Sosok Ini akan Saling Berkaitan Lengkapi Bukti Pembunuhan Roy di Sinetron Ikatan Cinta 19 Juli 2021

Dilansir dari BMKG, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas penyesaran dalam Lempeng Eurasia.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Pangalengan, Caringin, Rancabuaya, Cijagra, Sindangbarang, Pamengpeuk dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Baca Juga: UPDATE Kasus Covid-19 Kabupaten Garut, Jumlah Kasus Meninggal Turun Drastis

Hingga pukul 07.11 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.***

Editor: Fariz Akbar

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X