Konflik dengan AS Kian Memanas, Tiongkok Kerahkan Pesawat Pengebom ke Laut China Selatan

- 1 Agustus 2020, 19:36 WIB
DUA pesawat tempur China J-11 dan satu pesawat pengebom H-6K berpatroli di wilayah udara antara China daratan dan Taiwan.* /Xinhua via Antara/

JURNAL GARUT - Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) mengerahkan sejumlah pesawat tempur terbarunya di perairan Laut China Selatan.

Dari sejumlah pesawat terbaru yang dikerahkan, ada beberapa pesawat pengebobm yakni H-6G dan H-6J turut diberangkatkan ke wilayah tersebut.

Pengerahan pesawat ke Laut China Selatan ini untuk latihan dalam meningkatkan kemampuan pilot untuk bertempur.

Baca Juga: Mahfud MD: Djoko Tjandra Harus Dihukum Lebih Berat, Pejabat yang Melindunginya Dipidana

"Ini latihan rutin untuk membantu meningkatkan kemampuan pilot secara teknis dan taktis serta mengasah kemampuan tempur AL pada segala cuaca," ujar Kolonel Senior Ren Guoqiang selaku Juru bicara Kementerian Pertahanan Nasional Tiongkok (MND) kepada media resmi setempat, Sabtu 1 Agustus 2020 seperti yang dikutip Jurnal Garut dari Pikiran-Rakyat.com

Sebelum mengirimkan pesawat tempur, pihak Tiongkok telah mengecam tindakan AS yng mengirim personel militernya ke Taiwan dengan dalih melakukan latihan serta bertukar pengalaman.

Baca Juga: Mulai Senin, Jam Operasional Transjakarta, MRT dan LRT Kembali Normal

Tindakan AS merupakan pelanggaran serius prinsip-prinsip dasar hubungan internasional dan komitmen politik AS terhadap Tiongkok.

Artikel ini sudah tayang di Pikiran-Rakyat.com dengan judul "Konflik AS dan Tiongkok di Laut China Selatan, Beijing Kerahkan Sejumlah Pesawat Tempur dan Pengebom"

Halaman:

Editor: Fariz Akbar

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X